x

Bersama Masyarakat Sekitar, Kodim 0429/Lamtim Gelar Shalat Idhul Fitri 1445 H

waktu baca 2 menit
Rabu, 10 Apr 2024 20:26 0 15 Tim Redaksi 1

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Hari kemenangan Umat Islam telah tiba setelah satu bulan lamanya menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan diiringi dengan seruan gema takbir berkumandang setelah Pemerintah mengumumkan bahwa 1 Syawal 1445 H jatuh pada Tanggal 10 April 2024.

Momentum kemenangan ini Kodim 0429/Lamtim menggelar Sholat Idul Fitri 1445 H pada hari Selasa (10/2/2024) di lapangan Makodim diikuti oleh Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M, para Perwira Staf, Danramil jajaran anggota Bintara dan Tamtama, Ketua Persit KCK Cab LIV Ny. Arief Budiman beserta pengurus serta perwakilan ranting masing-masing Koramil.

Bertindak Iman sekaligus Khotib Ustad M. Rafiudin dan bilal ustadz Andi Zainuri.

Dalam uraian singkat pada Khutbah Shalat Idul Fitri, Khatib Ustazd M. Rafiudin mengajak jama’ah sejenak merenung momentum hari yang fitri ini. Tujuannya agar setelah ditempa di bulan Ramadhan kehidupannya lebih baik dari sebelumnya, terutama dalam hal beribadah kepada Allah SWT.

“Idul Fitri bukan seperti turnamen sepak bola atau kompetisi lomba yang kemenangannya harus dirayakan dengan euforia dan penuh kebanggaan. Kemenangan Idul Fitri adalah ketika kita berhasil meraih kematangan spiritual dan sosial setelah satu bulan penuh digembleng dan dididik di madrasah Ramadhan”, ujarnya.

Lebih lanjut Ustad Rafiudin menyampaikan, secara spiritual selama Ramadhan, kaum Muslimin telah melakukan serangkaian ibadah. Mulai dari puasanya sendiri maupun ibadah-ibadah sunnah di dalamnya seperti sholat tarawih, tadarus Al-Qur’an, beri’tikaf di masjid, dan sebagainya.

“Lalu, apakah jika kita sudah melakukan banyak ibadah selama Ramadhan sudah selesai begitu saja, kita harus menanamkan prinsip khauf dan rajā. Khauf adalah kekhawatiran apakah ibadah kita diterima oleh Allah swt atau tidak. Sementara rajā’ adalah sikap optimisme bahwa Allah dengan sifat kasih sayang-Nya pasti mau menerima amal ibadah yang kita lakukan”, imbuhnya.

“Semoga Allah SWT menjadikan kita sebagai orang-orang pemaaf, orang-orang yang senang bersilaturahim, pembela agama Allah dan berbakti terhadap orang tua kita, dan semoga kita dipertemukan Allah di akhirat kelak dalam keadaan suci, bahagia bersama keluarga kita memasuki surga Nya Allah SWT”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama, usai Sholat Idul Fitri 1445 H, Dandim 0429/Lamtim Letkol Arm Arief Budiman, S.Sos., M.M mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri

“Saya atas nama pribadi dan keluarga besar Kodim 0429/Lamtim mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin, Mohon maaf lahir batin atas segala salah & khilaf. Semoga kedepan kita menjadi insan yang lebih baik serta amal ibadah dan puasa kita selama bulan Ramadhan yang sudah kita lalui diterima oleh Allah SWT, Aamiin”, tegasnya.

Reporter : Tar/Pendim


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca