x

Berikan Ruang Kreasi, Pemda Nias Barat Gelar Festival Musik Tradisional

waktu baca 2 menit
Senin, 25 Sep 2023 14:00 0 38 Redaksi Liputan 86

NIAS BARAT, L86News.com – Pesta Budaya dengan Tajuk Festival Musik Tradisional Kabupaten Nias Barat dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Nias Barat, Sozisokhi Hia, SH, MM, di Panggung Utama Pantai Sirombu, Minggu (24/09/2023).

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olah Raga, April Imelda J. Hia, S.Pd, M.Si menjelaskan salah satu tujuan Festival Budaya adalah memberi kan wadah, ruang kreasi bagi para seniman, sanggar, komunitas, dan para pelaku budaya untuk menginspirasi dan melestarikan seni dan budaya melalui ekspresi musik tradisional.

Selain itu Sekda Nias Barat juga mengata kan bahwa Nias Barat memiliki kekayaan budaya dan kesenian tradisional yang sangat perlu untuk dijaga dan dilestarikan.

“Kita memiliki banyak warisan budaya baik benda maupun non benda seperti situs batu megalitik, rumah-rumah adat, tari-tarian, kesenian dan permainan tradisional, bahasa daerah, cerita rakyat, dan tradisi adat istiadat yang begitu menarik dan patut dijaga kelestariannya,” kata Sekda.

Menurutnya, pesta budaya rakyat dapat menjadi wadah di dalam menampilkan berbagai macam budaya, adat istiadat, dan kesenian tradisional. “Saya berharap festival ini bisa jadi sarana memperkenal kan kekayaan budaya, adat istiadat, kesenian dan tradisi yang dimiliki masyarakat ke generasi muda serta dapat mempromosikan potensi ekonomi, wisata dan budaya di Kabupaten Nias Barat,” pungkasnya.

Selain sejumlah pejabat daerah, festival juga terlihat dihadiri ribuan wisatawan lokal dan menampilkan 6 kontingen dari 8 kecamatan. Berikut rincian pemenang dalam ajang tersebut.

Juara 1 di raih Kecamatan Lolofitu Moi, Juara 2 Kecamatan Ulu Moroo, Juara 3 Mandrehe Utara dan Juara Harapan 1,2,3 berturut diraih oleh Kecamatan Mandrehe, Kecamatan Moroo dan Kecamatan Sirombu.

Reporter : Firman Waruwu


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x