Jelang Hari Bhayangkara ke-77, Ini Fokus Giat Polda Kalbar

waktu baca 2 menit
Senin, 12 Jun 2023 23:39 0 94 Redaksi

PONTIANAK, L86News.com – Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin memimpin acara tradisi pemberangkatan pasukan pengambilan air suci sebagai rangkaian pemulyaan terhadap nilai-nilai Tribrata di lobby Mapolda Kalbar, Senin (12/6).

Sebanyak 30 personel di lepas Wakapolda Kalbar sebagai perwakilan Tim pengambilan air suci dengan penyerahan Guci tempat penyimpanan air dan penekanan tombol sirine sebagai penanda keberangkatan tim.

Kapolda Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto melalui Dansat Brimob Polda Kalbar Kombes Pol M. Guntur menjelaskan kegiatan dilaksanakan serentak di 34 Provinsi di Indonesia dan air suci akan dikirim tanggal 15 Juni 2023 ke Mabes Polri.

“Untuk lokasi sumber mata air yang akan diguna kan untuk rangkaian kegiatan pemulyaan terhadap nilai-nilai Tribrata diambil dari mata air di Bukit Kelam di Kabuoaten Sintang, Provinsi Kalbar,” terang Dansat Brimob.

Ia menjelaskan juga bahwa air yang telah diambil nantinya akan digunakan untuk upacara penyucian panji-panji Tribrata dan Pataka Polda Kalbar Budhi Sarana Bhakti.

“Tim berangkat pagi ini ke mata air bukit kelam. Ini sebagai simbol perjuangan generasi penerus Polri dalam menghormati pahlawan bangsa dan  pendahulu polri yang berjuang dan berkorban demi menjaga serta memelihara kamtibmas di wilayah NKRI,” jelas Kombes Pol Muhammad  Guntur.

Tim pengambil air suci diberangkatkan dengan menggunakan mobil ransus Maung oleh Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin dan dikawal oleh Tim Pengawal dari Satbrimobda Polda Kalbar beserta patwal Ditlantas, Dit Samapta, Dit Polairud dan Propam.

Reporter : Ris/Hum

LAINNYA