Susun RKPDes 2025 dan DURKP 2026, Bandar Agung Gelar Musrenbangdes

waktu baca 2 menit
Rabu, 16 Okt 2024 11:57 0 57 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Hari ini, Rabu 16 Oktober 2024, Desa Bandar Agung, Kecamatan Bandar Sribhawono, Kabupaten Lampung Timur menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) di Balai desa setampat. 

Musrenbangdes dilaksanakan bertujuan untuk menyusun Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2025 dan menyusun Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah Desa (DURKPDes) Bandar Agung Tahun 2026.

Selain Kades, BPD, Perangkat dan sejumlah tokoh warga, acara juga di hadiri Plt Camat, Danramil dan Kapoksek Bandar Sribhawono. Hadir pula ibuk ibuk kader serta para Pendamping Desa

Selaku Kades Bandar Agung, Aldi Guntoro menekankan pentingnya Musrenbangdes sebagai forum utama dalam merumuskan rencana kerja desa yang akan dijalankan sepanjang tahun 2025 dan penyusunan daftar usulan tahun 2026. 

“Rencana kerja pemerintahan desa ini harus disusun berdasarkan aspirasi masyarakat dengan memperhatikan kebutuhan prioritas yang mendukung kesejahteraan warga desa,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan tersebut, Kades juga menyinggung realisasi Dana Desa (DD) tahun 2024. Menurutnya, dari Rp 1,2 Miliar bantuan DD yang di terima desa, pihaknya belum bisa maksimal dalam melaksana kan pembangunan fisik. 

“Karena, dari batuan itu sekitar Rp 884 juta digunakan untuk pemeberdayaan, insentif kader, guru Paud, guru Ngaji, RT, Linmas dan LPM. Kemudian Rp 93 juta untuk BLT DD kepada 26 KPM dan Rp 290 juta untuk program ketahanan pangan. Jadi hanya dari program ketahanan pangan ini kita bisa bangun jalan usaha tani di Dusun Umbul Glimbung dan Dusun Tiga,” jelasnya. 

Sementara, Plt Camat Bandar Sribhawono Sugiyono lebih menekan kan pentingnya keterlibatan tokoh warga. Karena musyawarah itu merupakan wadah partisipasi masyarakat untuk menyampai kan aspirasi dan ide-ide yang akan menjadi dasar dalam menyusun rencana pembangunan desa. 

“Maka, silahkan di usulkan, apa saja yang menjadi ke butuhkan masyarakat di lingkungan masing masing silahkan di usulkan atau di tambahkan jika ada yang masih terlewatkan,” ucapnya. 

Ia berharap RKPDes tahun 2025 dan DURKP tahun 2026 di Desa Bandar Agung ini bisa di susun dan dirancang secara matang dengan berorientasi pada kebutuhan warga. “Pastikan setiap program benar-benar menjawab kebutuhan masyarakat,” pesannya. 

Reporter : Dar 

LAINNYA