x

Babinsa Koramil 429-02 Way Bungur Kawal Penyaluran BLT DD Tahap 2

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mei 2024 13:35 0 3 Redaksi Liputan86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Babinsa Koramil 429-02/Way Bungur Kodim 0429/Lamtim Serma Agus Susanto dan Sertu Maryanto melaksanakan pendampingan pembagian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT – DD) tahap 2 Tahun 2024, Rabu (15/5).

Kegiatan penyaluran BLT-DD berlangsung di Balai Desa Toto Mulyo dan Balai Desa Tanjung Tirto, Kecamatan Way Bungur Kabupaten Lampung Timur.

Pemberian Bantuan Langsung Tunai Dana Desa tersebut merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga miskin ekstrem di Desa. Besaran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa yang diberikan kepada keluarga miskin ekstrem berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Adapun beberapa kriteria penerima BLT-DD diantaranya :
Calon penerima BLT-Dana Desa adalah keluarga miskin baik yang terdata dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) maupun yang tidak terdata (exclusion error). Mengalami kehilangan mata pencaharian. Serta mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis dan/atau difabel.

Serma Agus Susanto menuturkan untuk Desa Toto Mulyo jumlah penerima bantuan ada 35 KPM, pihaknya berharap masyarakat yang menerima bantuan tersebut agar dipergunakan sebaik mungkin.

“Gunakan sesuai keperluan bukan sesuai kemauan sehingga bantuan ini benar-benar dirasakan manfaatnya”, ujar Babinsa.

Lebih lanjut Babinsa menambah kan, peran aktif diwilayah dalam setiap kegiatan merupakan komitmen Babinsa dalam rangka menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Terpisah, Sertu Maryanto yang melaksanakan pendampingan di Balai Desa Tanjung Tirto berpesan tidak semua masyarakat mendapat kan BLT DD, jadi warga yang menerima bantuan hendaknya di syukuri.

“Kepada 41 KPM penerima BLT-DD jangan lupa bersyukur, ini adalah bentuk perhatian pemerintah sebagai upaya untuk meningkat kan/ menyetarakan kesejahteraan masyarakat kurang mampu”, tuturnya.

Selain para Babinsa juga turut dihadiri oleh Kades, Sekdes, Ketua BPD, Pendamping masing-masing Desa yang melaksanakan pendistribusian BLT-DD.

Reporter : Tar/Pendim

LAINNYA
x
x