x

Ledakan di Smelter PT GNI Bukan Dari Tungku, Ini Penjelasan Tokoh Sulteng

waktu baca 1 menit
Sabtu, 30 Sep 2023 00:18 0 26 Redaksi Liputan 86

JAKATA, L86Newa.com – Beredarnya berita ledakan di Smelter PT Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara, Sulawesi Tengah (Sulteng) yang disebut terjadi di Tungku, dibantah Tokoh Sulteng Agus Flores, Jumat (29/9/2013).

Tokoh yang juga Ketua Umum (Ketum) Perkumpulan Wartawan Fast Respon Nasional (FRN) itu memastikan bahwa suara ledakan tersebut bukan berasal dari tungku, tapi dari percikan api.

“Saya sudah himpun informasi dari masyarakat Morowali Utara, bahwa itu bukan ledakan tungku, tapi percikan api akibat interaksi panas dan dingin bertemu,” kata Agus.

Namun terkait Informasi satu karyawan berinisial SH (21) yang dilaporkan tewas akibat insiden tersebut, Agus mengaku belum terima informasi lebih lanjut.

Pernyataan senada juga di sampaikan Kapolres Morowali Utara AKBP Imam Wijaya saat dimintai keterangan oleh awak media Jumat sore (29/9/2023).

Menurutnya Kapolres, peristiwa tersebut terjadi di Smelter 1 PT GNI di Kecamatan Petasia pada Rabu (27/9) seskira pukul 10.45 Wita, tapi bukan tungku meledak.

“Korban yang bekerja sebagai operator ekskavator itu awalnya mengambil slag di tungku 7 smelter 1,” ungkapnya

Namun karena slag tersebut masih dalam kondisi panas. Slag kemudian meledak saat didinginkan dengan air.

“Berdasar keterangan saksi-saksi, korban saat mengambil slag diduga masih dalam kondisi panas sehingga pada saat didingin kan dengan air terjadi letupan karena dalam kondisi suhu tinggi,” terangnya.

Reporter : Toni


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x