x

Brandan Bumi Hangus, Kisah Heroik Para Pejuang Kemerdekaan di Langkat

waktu baca 2 menit
Senin, 14 Agu 2023 08:20 0 95 Redaksi Liputan 86

PANGKALAN BRANDAN, L86News.com – Kota Pangkalan adalah ibukota Kecamatan Babalan Lepan dan Brandan Barat, kabupaten Langkat Sumatera Utara. Wilayah ini terletak di Pesisir Pantai Timur Pulau Sumatera sekitar 60 kilo meter disebelah Utara Kota Binjai.

Kelurahan ini terletak strategis karna dilalui oleh jalan raya lintas Sumatera Utara relatip dari Aceh. Pangkalan Brandan terkenal karena merupakan salah satu ladang minyak tertua di Indonesia dan telah di eksplorasi sejak jaman Hindia Belanda.

Pada tanggal 13 Agustus 1947, terjadi peristiwa bersejarah ditempat tersebut. Yakni peristiwa Berandan Bumi Hangus mirip dengan peristiwa Bandung Lautan Api.

Peristiwa ini sebagai salah satu strategi pejuang sebagai bentuk perlawanan terhadap agresi Belandan, dimana seluruh instansi dan pasilitas industri perminyakan dipangkalan Brandan dibakar para pejuang kemerdekaan.

Hari ini tepat tanggal 13 Agustus 2023 masyarakat Pangkalan Brandan memperingati Brandan Bumi Hangus. Hadir diacara tersebut Bupati Langkat H Syah Afandin SE bersama para pejabat.

Dalam amanatnya, Bupati Syah Afandin berpesan untuk selalu menungingat sejarah. Karena para pahlawan bangsa telah bertaruh nyawa berjuang untuk kerdekaan bangsa.

“Kita harus mengingat sejarah jangan sampai melupakan, karena orang tua kita sudah bersusah payah dan berkorban nyawa. Jangan mau di pecah belah, kita harus menjaga Kota Pangkalan Brandan ini,” kata bupati.

Acara peringatan hari bersejarah tersebut terlihat diawali dengan pawai drumben dari seluruh sekolah anak didik di Teluk Aru.

Reporter : Rah86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x