x

Dua Warga Pekon Guring  Berharap Ada Bantuan RTLH Dari Bupati Tanggamus 

waktu baca 2 menit
Kamis, 2 Mar 2023 15:57 0 56 Redaksi Liputan 86

TANGGAMUS, L86News.com – Dua warga miskin di Pekon Guring, Kecamatan Pematang Sawa, Kabupaten Tanggamus berharap bisa mendapatkan bantuan program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dari Buoati Tanggamus.

Hal itu di kemukakan Azhar salah satu tokoh masyarakat Pekon Guring kepada Liputan 86, Kamis (2/3/2023). “Iya bang karena selama ini bantuan bedah rumah belum pernah dirasakan oleh warga Pekon Guring,” ujarnya. 

Oleh sebab itu, kata dia, program bedah rumah sangat diharapkan masyarakat Pekon Guring mengingat hingga saat ini masih banyak kondisi rumah penduduk di wilayah setempat yang layak untuk di perbaiki.

“Ada sekitar dua unit rumah warga pekon kami yang layak diperbaiki, diantara nya milik ibu Fasiem dan bapak Hasan,” ucapnya

Dia menjelaskan, rumah yang layak diperbaiki ini sudah lama di tempati warga, namun masih berdinding papan dan bambu serta beralas dari sisa potongan kayu hutan dan berlantaikan tanah.

“Rumah- rumah tersebut sudah lama dibangun, tapi pemiliknya tidak punya dana untuk merenovasi rumah miliknya,” ungkap dia.

Bahkan, lanjut dia, kondisi beberapa unit rumah warga di Pekon Guring itu sangat memprihatinkan karena kondisinya miring hingga nyaris ambruk ke tanah.

“Kami sangat ingin program bedah rumah di Kabupaten Tanggamus dirasakan oleh warga Pekon kami,” harapnya 

Menurut dia, hanya dengan program (RTLH) dari Bupati Tanggamus bangunan rumah warga yang kurang layak huni ini bisa direnovasi agar nyaman ditempati.

“Sebab, jika mengandalkan keuangan masyarakat, rasanya tidak mungkin di perbaiki karena mayoritas penduduk pekon kami hanya buruh,” ujarnya.

Sementara itu Hasan warga Pekon Guring Kecamatan Pematang Sawa, ketika di sambangi dikediaman nya sangat berharap rumah yang ditinggalinya mendapat bantuan bedah rumah melalui program RTLH Kabupaten Tanggamus 

“Jadi saya menunggu bantuan bedah rumah ini lah. Ini yang benar-benar bisa kami harapkan,” harapnya.

Pantauan Liputan 86 dilokasi, rumah Hasan dan Farsiem terbuat dari kayu dan berlantai papan dan kondisinya sudah  lapuk termakan usia. Atapnya menggunakan daun dan bocor saat hujan turun.

Reporter : Suhaili


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x