Minggu, 23 Jun 2024
x

Babinsa Koramil 1811-01/Wasior Kota Turun Normalisasi Sungai Dengan Alat Berat

waktu baca 2 menit
Kamis, 16 Feb 2023 16:10 0 33 Redaksi Liputan86

TELUK WONDAMA, L86News.com – Papua Barat – Akibat curah hujan yang sangat besar telah menimbulkan luapan air yang disebabkan tumpukan matrial di sungai kali manggurai Kampung Maniwak Kelurahan Wasior Distrik Wasior Kota Kabupaten Teluk Wondama, Rabu (15/2/23).

Terkait hal itu, anggota Koramil Koramil 1811-01/Wasior Kota Sertu Bobonaro Ramar didampingi Danramil Mayor Arm Soewondo turun ke sungai dengan langsung mengendalikan alat berat melaksanakan kerja bakti bersama warga masyarakat setempat untuk membersihkan matrial yang mengakibatkan terhambatnya aliran Sungai Manggurai.

Tampak hadir, pemilik hak ulayat Mosese Ramar,kepala Kampung Maniwak Metusalem Paduai Spd,Kepala Distrik Wasior Iqbal Marani,Kepala Kelurahan Wasior Melianus Torei dan masyarakat setempat.

Dalam kesempatan itu, Danramil Mayor Arm Soewondo menjelaskan salah satu masalah penyebab bencana banjir adalah matrial batu dan pasir. Karena itu, nyatanya matrial yang ada dialiran sungai jumlahnya sangat banyak, sehingga menumpuk di beberpa titik seperti jembatan dan pinggiran sungai yang menghambat aliran sungai tersebut.

“Salah satu upaya kita untuk mencegah adanya banjir yaitu dengan melakukan normalisasi aliran sungai dari material tersebut yang menghambat aliran sungai. Agar kegiatan ini tepat sasaran dan efektif kita mengajak pihak Pemerintah daerah dan warga setempat untuk melakukan kerja bakti atau gotong royong agar cepat selesai,”jelasnya.

Selian itu,kegiatan kerja bakti atau gotong royong ini adalah salah satu bakti nyata sekaligus penguatan kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Kegiatan ini sebagai implementasi dari Pembinaan Teritorial (Binter), hal itu sudah menjadi bagian dari tugas pokok TNI-AD khususnya Babinsa sebagai ujung tombak aparat teritorial kewilayahan.

“Keberadaan kita sebagai unsur pembina kewilayahan harus bisa menjadi solutor dalam mengatasi kesulitan rakyat, terlebih menyangkut keselamatan warga dari bencana alam seperti banjir”, pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama pemilik hak ulayat Mosese Ramar mengapresiasi kinerja Aparat Koramil yang sigap turun ke lapangan dan mampu menjadi operator alat berat.

“Saya apresiasi bapak-bapak Tentara yang ada di Distrik Wasior sangat peduli dengan lingkungan dan kepada masyarakat setempat,semoga Tuhan selalu melindungi bapak-bapak TNI dan selalu diberikan kesehatan ,” tutupnya”.

Reporter : Tim/86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca