x

Hadiri Muscab Gapensi, Ini Pesan Pj Bupati ke Pengusaha Jasa Kontruksi di Cilacap

waktu baca 4 menit
Rabu, 25 Jan 2023 09:38 0 136 Redaksi

CILACAP, L86News.com – Badan Pengurus Cabang (BPC) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kabupaten Cilacap menggelar musyawarah cabang (Muscab) Gapensi XII Tahun 2023, Selasa (24/1/2023).

Muscab bertemakan ‘Dalam Era Digitalisasi Kita Tingkatkan Profesionalisme dan Beretika’ digelar di Gedung BPC Gapensi Cilacap dan dihadiri oleh Pj Bupati Cilacap, Yunita Dyah Suminar.

Dalam kesempatan itu, Yunita berpesan kepada seluruh pengusaha jasa kontruksi yang tergabung di Gapensi Cilacap untuk mengutamakan kualitas konstruksi fisik dalam pembangunan.

“Gapensi itu gabungan pengusaha jasa kontruksi, maka saya pesan kepada teman-teman di Gapensi kalau kita bicara kontruksi, maka yang paling utama adalah bagaimana kualitas yang diberikan dalam membangun entah itu gedung, jalan, entah itu mungkin jaringan dan lain sebagainya,” ujarnya.

Yunita menyebut, bahwa kontruksi itu bersifat fisik dan sangat terlihat, sehingga dalam pembangunannya harus benar-benar memperhatikan mutu dan kualitas bangunan.

“Kalau kita lihat gedung-gedung swasta atau yang dibangun bukan dari dana pemerintah itu kenapa bisa bagus, dan kenapa kita tidak. Sehingga, dimulai dari perencanaan dulu, perencanaannya tentu harus baik dulu, kemudian kualitas nomor satu, harus KW1 dan semua bahan materialnya harus bagus,” ucapnya.

Kemudian, lanjut dia, fungsi pengawasan pada saat pelaksanaan pembangunan wajib dilakukan, namun secara bersama-sama, tidak hanya konsultan pengawas saja.

“Pada saat pelaksanaan juga harus diawasi, itu wajib. Dan yang bertugas untuk mengawasi itu bukan hanya konsultan pengawas saja, tapi kita semua. Konsultan pengawas itu bisa jadi kemudian tidak profesional, maka kita juga harus pastikan mereka adalah orang-orang yang paham betul tentang kontruksi,” jelasnya.

Selanjutnya, orang nomor satu di Kabupaten Cilacap itu juga mengajak para pengusaha jasa kontruksi tersebut agar berkomitmen bersama dalam membangun integritas.

“Kontraktor harus punya komitmen yang sama yaitu membangun integritas. Oleh karena itu, saya ingatkan dalam hal ini tidak ada biaya-biaya yang sifatnya untuk menyogok. Jadi pengusahanya tidak boleh mengiming-imingi dan OPD nya juga harus memastikan tidak mau atau menolak hal tersebut,” katanya.

Ia menegaskan kembali, bahwa tidak ada dan tidak boleh ada yang berniat untuk melakukan hal-hal yang sifatnya melanggar aturan, salah satunya dengan memberikan sesuatu kepada pejabat OPD di Kabupaten Cilacap.

“Intinya di Kabupaten Cilacap sudah harus berkomitmen semuanya, bahwa tidak ada dan tidak boleh ada yang berniat untuk melakukan hal-hal yang tadi saya sampaikan. Karena begitu itu dilakukan, otomatis akan ada biaya yang digunakan untuk tadi, memberikan sesuatu kepada teman-teman OPD,” ujar Yunita.

Dengan begitu, kata dia, kalau semuanya bersih, akan menghasilkan kualitas yang baik dalam pembangunan.

“Maka, dengan dana apapun baik itu APBN, APBD mungkin juga ada dana CSR itu juga sama hasilnya, kalau semuanya bersih, harapannya kualitas pembangunan menjadi lebih baik. Jadi sekali lagi saya mengimbau kepada semuanya bahwa di Cilacap harus bersih,” tuturnya.

Sehingga, apabila kualitas pembangunan tersebut baik, terkait dengan pemeliharaan nantinya akan menjadi tidak boros biaya.

“Misalnya, kalau gedungnya bagus, kemudian kita juga tidak boros dalam hal biaya pemeliharaannya karena gedung yang dibangun itu sudah dengan kualitas yang baik. Dan masyarakat juga akan mendapatkan akses layanan dengan baik dan nyaman tentunya,” tandasnya.

Sementara itu, apabila ada temuan di lapangan yang tidak sesuai dengan spek, menurutnya yang harus mengerti adalah pejabat pembuat komitnen (PPK).

“Kalau ada yang tidak sesuai dengan spek pertama yang harus mengerti adalah pejabat pembuat komitnen (PPK). Jadi dia harus pegang itu speknya, kalau tidak sesuai, tanyakan kepada kontraktor karena sebetulnya prosesnya itu kelihatan kok,” ujarnya.

Terpisah, Ketua BPC Gapensi Kabupaten Cilacap Periode 2017-2022, Zaenal Ma’rufin menyatakan, bahwa pihaknya menyepakati dan menyetujui arahan dari Pj Bupati Cilacap tersebut.

“Kita sepakat dan setuju, ya memang harus seperti itu, sesuai dengan slogan kita ‘Profesional dan Beretika’. Apa yang diarahkan oleh bu Pj itu ya harus kita sepakati bersama,” katanya

Diharapkan kedepannya kinerja BPC Gapensi Cilacap menjadi lebih bagus daripada sebelumnya.

“Dan Muscab ini selain menyusun program kedepan kemudian melaksanakannya, juga untuk memusyawarahkan bila ada kasus-kasus yang berkaitan dengan jasa kontruksi,” pungkas Zaenal.

Reporter : Slh86

LAINNYA
x
x