x

Gelar Mabel Expo dan Expose Produk Siswa, SMKN 15 di Apresiasi Plt Walkot Bekasi 

waktu baca 2 menit
Kamis, 26 Mei 2022 22:20 0 81 Redaksi Liputan 86

BEKASI, L86NEWS.COM – SMKN 15 Kota Bekasi menggelar Mabel Expo dan Expose Hasil Produk Siswa sekolah setempat, Rabu (25/5) pagi. Kegiatan berlangsung di halaman SMKN 15 Kota Bekasi, Kecamatan Mustikajaya.

Pelaksana Tugas (Plt.) Wali Kota (Walkot) Bekasi, Dr. H. Tri Adhianto Tjahyono, mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, Mabel Expo dan Expose Hasil Produk Siswa menggambar kan keberhasilan sekolah dalam mengembangkan potensi siswa.

Selain itu, lanjutnya, sekolah menengah kejuruan memang bertujuan untuk mendorong peningkatan kemampuan siswa. 

“Kita ketahui betul, siswa SMK dididik bukan hanya sekedar tahu teori, melainkan kemampuan untuk praktek, berkreasi dan menjadi produktif. Bahkan, siswa di desain agar siap bekerja,” ungkap Tri.

Dalam sambutannya itu, Pak Tri pun tak lupa memuji kepala sekolah yang mampu mengelola dana dari pemerintah maupun swasta dengan baik, sehingga SMKN 15 Kota Bekasi terus menunjukkan kemajuan. 

Hal sama juga diucapkan KCD Pendidikan Jawa Barat Wilayah III, Asep Sudarsono. Dia bilang, meski paling bungsu, SMKN 15 sudah memiliki segudang kreasi dan prestasi. Ia pun berharap bisa selalu eksist dan menjaga mutu pendidikan.

“Memang sekolah bungsu di Kota Bekasi, akan tetapi sudah memiliki segudang kreasi dan prestasi. Jadi, harapan saya, sekolah ini kedepan dapat menjaga eksistensi, dan terus meningkat kan mutu dan kualitas pendidikan di Kota Bekasi,” ujar Asep.

Sebagai informasi, dalam kegiatan pagi itu, Plt. Wali Kota Bekasi juga meresmikan gedung kelas industri hasil kerjasama SMKN 15 Kota Bekasi dan PT Indonesia Comnets Plus, dan gedung klinik dengan RS. Mustika Medika.

SMKN 15 Kota Bekasi ini juga merupakan salah satu yang masuk dalam program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan atau SMK PK. 

Skema Pemadanan Dukungan terhadap sekolah-sekolah PK mengedepankan semangat kolaborasi pendidikan vokasi dengan industri. 

Tujuannya, yakni untuk menghasil kan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha melalui keselarasan yang di laksana kan secara komprehensif bersama industri.

Dikatakan Kepala SMKN 15 Kota Bekasi, Dra. Supriatin melalui Pemadanan Dukungan tersebut akan adanya industri yang masuk ke sekolah. 

“Jadi industri ini nantinya akan melakukan pelatihan kepada siswa. Para siswa akan diajarkan mulai dari tahap perencanaan, produksi, sampai pemasaran/penjualan produk,” jelasnya.

Tidak sampai di situ, industri juga bakal membantu penjualan produk-produk yang dihasilkan oleh siswa. “Misalnya kami menghasilkan sparepart. Nah, kami juga yang akan menjadi subcon perusahaan mereka,” beber Suryatin. 

Reporter : Napsiah


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x