Minggu, 14 Jul 2024
x

Nahdlatul Wathan Bangun Ponpes Pertama di IKN, Dorong Pendidikan di Indonesia Timur

waktu baca 2 menit
Kamis, 4 Jul 2024 16:10 0 80 Redaksi Liputan86

IKN, L86News.com – Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) membangun kantor sekaligus pondok pesantren di Ibu Kota Nusantara (IKN), Provinsi Kalimantan Timur, dalam rangka memperkuat syiar Islam di wilayah timur Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum PBNW Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani kepada Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin di Rumah Dinas Wapres, Jakarta, Selasa.

“Kami menyampaikan kepada Wapres bahwa kami mendirikan Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Wathan di IKN, begitu juga kami mendirikan pondok pesantren di IKN,” kata Zainuddin Atsani dalam pernyataan nya secara virtual di Jakarta, Kamis (4/7)

Ia mengatakan pondok pesantren yang dibangun di IKN diberi nama Hamzanwadi Wa Nawawi Nahdlatul Wathan Kalimantan Timur.

Menurut dia, nama tersebut dipilih karena mewakili nama sang kakek yang sosok pendiri Nahdlatul Wathan, Hamzanwadi. Sedangkan An-Nawawi diambil dari nama istri Zainuddin.

“Pasalnya di situ ada Hamzanwadi itu dari kakek saya, pendiri Nahdlatul Wathan itu nama perjuangan beliau

Kalau An-Nawawi kebetulan istri saya, keponakannya Pak Kiai Ma’ruf, jadi biar masuk, dari saya masuk, dari istri saya masuk. Jadi dari kedua keturunan masuk Hamzanwadi wa Nawawi,” katanya.

Ia mengatakan, organisasi Nahdlatul Wathan sudah tersebar di seluruh Indonesia, melalui pembentukan cabang kepengurusan di seluruh provinsi dan kabupaten.

Selain itu, Zainuddin juga melaporkan kepada Wapres bahwa PBNW telah memiliki 2.400 santri yang bersekolah di madrasah PBNW di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan itu, Wapres KH Ma’ruf Amin memberikan sejumlah nasihat untuk pengembangan Nahdlatul Wathan, khususnya memfasilitasi pendidikan agama untuk masyarakat di timur Indonesia, seperti Papua dan Nusa Tenggara Timur.

Rwporter : Ris/Rls


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca