Evaluasi Daya Serap Pelatihan, Sanggar Tari Gelora Budaya Gelar Uji Pentas

waktu baca 2 menit
Rabu, 5 Jan 2022 00:24 0 147 Redaksi

KEBUMEN, L86NEWS.COM – Guna mengevaluasi daya serap siswa dalam mengikuti pelatihan, Sanggar Tari Gelora Budaya menggelar uji pentas di Dukuh Kopek, RT 03, RW 06, Desa Sekayu, Kecamatan Buayan, Kabupaten Kebumen, Provinsi Jawa Tengah.

Kegiatan yang di warnai Pentas Sendratari Ramayana oleh seluruh siswa dan crew sanggar itu, menguji 5 jenis tarian seperti Tari Gambyong, Tari Pare Anom, Tari Srikandi Mustakaweni, Tari Bondan serta Tari Kreasi Topi Saya.

Sendratari Ramayana sendiri tampil usai uji pentas. Dalam unjuknya, Sendratari tersebut menceritakan kisah Rama saat menyelamatkan Sinta dari penculikan Rahwana. Tarian ini merupakan sebuah pertunjukkan yang menggabungkan tari dan drama tanpa dialog.

Berdasar informasi yang di dapat di lapangan, gelaran uji pentas yang di prakarsai Dwi Astuti, S.Pd selaku Ketua Sanggar Tari Gelora Budaya bertujuan untuk memberikan nilai dan sertifikat kepada para siswa sanggar.

Sedangkan pendirian sanggar, menurut informasi sebagai tempat pelestarian budaya, khususnya seni tari klasik dan kreasi. Sanggar ini pun sudah terdaftar di Disdik Kebumen dan menjadi mitra pelestarian dan pengembangan budaya dari pemerintah daerah.

“Kesenian tradisional adalah ikon pariwisata yang harus di lestarikan, dan tari kreasi seni juga merupakan salah satu daya tarik wisata,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen, Muhammad Arifin, Selasa (4/1/2022) 

Selaku Kepala Dinas yang membawahi bidang pariwisata, Muhammad Arifin menegaskan komitmennya dan menyatakan bahwa pemerintah daerah selalu mendukung dan berperan aktif dalam melestarikan tarian klasik dan kreasi.

Reporter : Fitri

LAINNYA