Sambut HSN 2024, Majlis Guyub Rukun Banyumas Gelar Silaturahmi dan Kerukunan Umat

waktu baca 3 menit
Sabtu, 19 Okt 2024 22:08 0 13 Redaksi

BANYUMAS, L86News.com – Semangat menyambut Hari Santri Nasional Tahun 2024, Majlis Guyub Rukun (MGR) Banyumas laksanakan juguran bersama untuk merawat silaturrahmi dan kerukunan umat Islam ahlus sunnah wal jamaah an-nahdiyah khususnya dan umat beragama pada umumnya, bertempat di Sokaraja, Banyumas, Sabtu (19/10/2024) Pukul 12:00 – 17:15 WIB.

Kegiatan dihadiri puluhan Kiai Muda (Gawagis) dan Habaib dari wilayah Kabupaten Banyumas dan sekitarnya, Silaturrahmi kali ini mengangat tema “MGR hadir untuk Indonesia, Merawat Guyub Rukun Umat Beragama.

Suasana juguran penuh keakraban, kebersamaan, humoris, dan kekeluargaan guyub rukun peserta, Dan semua sepakat untuk menghormati dan juga siap melaksanakan isi Surat dari PC NU Kabupaten Banyumas, Nomor : 496/PC/S.T/A.I.01/H.11.33/X/2024 tertanggal 8 Oktober 2024, Bersifat Penting, Perihal Surat Edaran. PC NU kabupaten Banyumas menghimbau kepada semua pengurus Lembaga dan Badan Otonom, serta pengurus MWC NU dan Ranting NU se-kabupaten Banyumas untuk :

  1. Tetap istiqamah melaksanakan syiar Islam ala thariqah ahlus sunnah wal jamaah an-nahdiyah dalam berbagai kegiatan pengajian rutin sebagaimana biasa.
  2. Kegiatan syiar Islam dimaksud, dilaksanakan sebagai wasilah peningkatan ilmu, amal dan ukhuwah Islamiyah an-nahdiyah
  3. Pelaksanaan syiar Islam dilandasi niatan abtighoi mardhatillah dengan senantiasa menjunjung tinggi akhlakul karimah, sikap toleran dan menghormati perbedaan.

Nampak hadir dalam silaturrahmi, berbagai tokoh NU dan Habaib dari wilayah Banyumas dan luar Banyumas, seperti Gus Hasan Jatilawang, Gus Fahmi dan Gus Nar (LBM PCNU), Gus Munif (RMI PCNU), Gus Saikhu dan Gus Enjang (Pengurus PCNU), Gus Ajir dan Keluarga (PP Nurul Huda),

Para Gawagis dan kyai lainnya, Habib Muhammad Kranggan, Habib Abdul Qadir M, (Habib Ading), Habib Chaidar, Habib Syafiq, Habib Ridho dan Habib Luqman (Rabitah Alawiyyah), Habib Zen dari Purbalingga beserta beberapa sahabatnya, para habaib juga Gawagis lainya, para pecinta guyub rukun dan Undangan lainnya.

Diakhir silaturrahmi, dipanjatkan do’a keberkahan Silaturrahmi, Majlis Guyub Rukun (MGR) dan do’a sapu jagat yang dipimpin Habib Muhammad dari Kranggan dan diamini oleh semua yang hadir.

Kegiatan ditutup dengan Foto bersama dan bersama-sama berkomitmen, MGR lahir dan hadir menjaga kerukunan umat beragama di wilayah Banyumas dan Indonesia, juga mengajak dan merangkul semua pihak aktif silaturahmi, saling menjaga dan mengingatkan akan penting dan mulianya hidup berdampingan guyub rukun, hindari dan jauhi dakwah yang bisa merusak kerukunan umat.

Selamat Hari Santri Nasional, Menyambung Juang Merengkuh Masa Depan, mengajak seluruh santri dan juga masyarakat untuk bersama-sama berjuang menuju masa depan Indonesia yang lebih baik, dan hargai perbedaan, jaga toleransi. Jaga ukhuwah Islamiyyah, ukhuwah nahdliyah, ukhuwah wathoniyah selaras dengan fikrah ahlus sunnah wal jamaah an-nahdiyah menjadi prioritas.

Reporter : Djarmanto-YF2DOI

LAINNYA