x

Ciptakan SDM Berkualitas, Pemkab Mesuji Gelar Rembuk Stunting

waktu baca 2 menit
Kamis, 25 Jul 2024 17:06 0 25 Redaksi Liputan 86

MESUJI, L86News.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mesuji melaksanakan acara rembuk stunting tahun 2024. Kegiatan dilaksanakan di Aula Tabek Oy, Kantor Bupati Mesuji, Kamis (25/07/2024).

Mengawali sambutannya Penjabat Bupati Mesuji melalui Sekretaris Daerah, Syamsudin menyampaikan apresiasi, atas terselenggarannya kegiatan, sebab Penurunan Angka Stunting merupakan salah satu indikator utama dalam mewujudkan Sumberdaya Manusia Indonesia yang berkualitas dan berdaya saing melalui penguatan deteksi dini baik intervensi spesifik maupun sensitif secara kolaboratif.

“Kegiatan tersebut merupakan langkah konkret dan wujud komitmen kita bersama dalam mengatasi masalah stunting yang masih menjadi tantangan serius bagi pembangunan di daerah kita. Stunting merupakan indikator buruknya status gizi anak, yang dapat berdampak negatif pada tumbuh kembang dan prestasi anak di masa depan,” ujarnya.

Oleh karena itu, perlu adanya sinergi dan koordinasi antara seluruh pemangku kepentingan, baik pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta, untuk mencapai tujuan bersama, yaitu mengurangi angka stunting di Kabupaten Mesuji.

“Untuk mendukung hal tersebut maka pada hari ini saya mengajak kita semua untuk lebih serius dan berkomitmen dalam percepatan penurunan stunting melalui kerja nyata, kerja keras dengan membangun sinergi, kolaborasi, dan akselarasi, bersama masyarakat, swasta, organisasi non pemerintah, dunia usaha, dunia kerja, serta pihak-pihak lain, karena tanpa ada komitmen dan sinergi yang kuat, serta cepat dan tepat, gerakan kita hari ini pastinya sia-sia dan dapat dipastikan kegiatan kita hanya sebatas semboyan,” imbuhnya.

Keberadaan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) itu, menurutnya diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam percepatan penurunan 5 stunting, dan dari hasil Survei Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2023 Mesuji berada di angka 5%.

“Dibawah angka prevalensi Nasional. Dengan melihat hasil survei tersebut kami sangat berterima kasih karena dukungan dengan berbagai program intervensi spesifik dan sensitif dari lintas sektor terkait mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten maupun Desa,” lanjutnya.

Sekda berharap semangat dan kepedulian semua pihak untuk menciptakan Generasi emas di Kabupaten Mesuji dapat terwujud.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Kabupaten Mesuji, Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Kepala Dinas PPKB dan unsur Forkopimda.

Reporter : Ken


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x