x

Bunda PAUD Pesawaran Ajak Wujudkan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan

waktu baca 3 menit
Selasa, 23 Jul 2024 19:03 0 24 Redaksi Liputan 86

PESAWARAN, L86News.com – PAUD merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia, di mana semua negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan pendidikan anak usia dini.

Demikian disampaikan Bunda Paud Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi pada acara penyelenggaraan proses belajar PAUD melalui kegiatan koordinasi dan kerjasama PAUDNI di Balai Desa Sukaraja Kecamatan Gedong Tataan Kabupaten Pesawaran, Selasa (23/07/24).

Nanda menjelaskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan merupakan cerminan dari semangat utama Merdeka Belajar yaitu gotong royong dalam mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat pada peserta didik.

Disebutkan terdapat tiga target utama yang harus dicapai dalam gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Pertama, seluruh pihak harus menyadari bahwa periode usia dini tidak berhenti sampai PAUD, tetapi peserta didik SD kelas awal juga masih masuk kategori usia dini.

“Hal ini akan membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru dan menumbuhkan rasa cinta terhadap proses belajar,” ujarnya.

Kedua sambung Nanda, satuan pendidikan hendaknya menerapkan pembelajaran yang membangun kemampuan fondasi peserta didik secara holistik.

“Tidak hanya baca tulis dan berhitung (calistung) saja, tetapi juga kematangan emosional, kemampuan berkomunikasi dan budi pekerti. Kita semua harus berhenti memaknai calistung sebagai satu satunya bukti keberhasilan belajar PAUD dan syarat penerimaan peserta didik di SD,” tegasnya.

Kemudian yang terakhir, meluruskan kesalahan pemahaman (miskonsepsi) bahwa, keterampilan calistung tidak boleh dibangun di PAUD tanpa kemampuan literasi dan numerasi agar peserta didik tidak hanya menghafal huruf dan angka saja, tapi juga mampu memahami dan mengolah informasi secara kritis.

Bunda Paud Nanda berharap hasil dari kegiatan ini dapat diterapkan di sekolahnya masing-masing dan mengajak agar seluruh pihak mengambil bagian dan berperan aktif dalam menyukseskan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan di Bumi Andan Jejama.

“Saya selaku Bunda PAUD Kabupaten Pesawaran juga sangat mendukung Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Mari kita sukseskan gerakan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan,” tutupnya.

Bunda PAUD Nanda memberikan bingkisan berupa meja belajar dan paket makanan ringan bergizi untuk anak – anak PAUD.

Di sisi lain, Camat Gedong Tataan Darlis mengatakan era sekarang adalah era digitalisasi, sehingga dengan adanya kegiatan ini bersama-sama berbagi ilmu untuk menjaga, mengasuh pola didik dan mengontrol kegiatan untuk anak- anak.

Dirinya berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat dan pelajaran yang luar biasa untuk semua.

Turut menghadiri Wakil Ketua Pokja Paud Kab. pesawaran, Ketua GOPPKI kab. pesawaran, Ketua Pokja Bunda Paud Kabupaten Pesawaran, Sekretaris Dinas pendidikan, Kepala Desa Sukaraja. Bunda Paud Desa se-Kecamatan Gedong Tataan, Kepala Sekolah Paud se-Kec. Gedong Tataan.

Reporter : Ta2


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x