x

Garuda Indonesia Angkut 14,5 Ton Bantuan Pemerintah Untuk Korban Bencana Longsor di Papua Nigini

waktu baca 3 menit
Senin, 8 Jul 2024 20:24 0 32 Redaksi Liputan86

JAKARTA, L86News.com – Maskapai nasional Garuda Indonesia terus menjalankan komitmennya dalam mendukung misi kemanusiaan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Republik Indonesia, dimana pada Senin (8/7) Garuda Indonesia mengoperasikan penerbangan kemanusiaan untuk mengangkut sedikitnya 14,5 ton bantuan kemanusiaan menuju Papua Nugini yang dioperasikan dengan menggunakan armada Airbus A330-200.

Dalam penerbangan kemanusiaan tersebut, Garuda Indonesia mengangkut berbagai bantuan kemanusiaan berupa bahan makanan, obat-obatan serta bantuan lainnya bagi masyarakat Papua Nugini yang terdampak bencana tanah longsor. Bantuan ini merupakan inisiasi dari Pemerintah RI melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penerbangan misi kemanusiaan tersebut secara resmi dilepas oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada sore hari ini, dimana penerbangan bantuan tersebut direncanakan akan diberangkat kan dari Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma pada pukul 23.50 WIB dan direncanakan akan tiba di Bandar Udara Port Moresby keesokan harinya pada pukul 08.50 LT.

Dalam pelepasan penerbangan tersebut, Presiden RI, Joko Widodo dalam sambutan nya mengatakan bahwa, “Perubahan iklim dan pemanasan global telah menimbulkan anomali cuaca, memicu terjadinya berbagai bencana di mana pada tanggal 24 Mei 2024 lalu, telah terjadi bencana tanah longsor yang dahsyat di Provinsi Enga, Papua Nugini. Kita harus membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah, karena itu hari ini akan kita kirimkan bantuan kemanusiaan dalam bentuk obat-obatan, makanan tambahan, dan medicine kit.”

“Saya berpesan kepada delegasi yang menjalankan misi kemanusiaan ini dapat menjalankan amanah sebaik-baiknya dan pulang kembali ke Tanah Air dalam kondisi sehat,” lanjut Presiden RI, Joko Widodo.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan bahwa pengoperasian penerbangan kemanusiaan ini merupakan wujud nyata dari komitmen Garuda Indonesia sebagai national flag carrier untuk senantiasa berada di garda terdepan dalam mendukung berbagai misi bangsa khususnya dalam memberikan bantuan kemanusiaan bagi masyarakat dunia.

“Kembali dipercaya untuk turut berpartisipasi dalam mendistribusikan inisiasi bantuan kemanusiaan dari Pemerintah tentunya menjadi momen penuh arti tersendiri bagi kami khususnya dalam merealisasikan dukungan kami untuk menjembatani misi kebangsaan dan wujud solidaritas antarnegara bagi masyarakat Papua Nugini yang saat ini tengah membutuhkan dukungan dari berbagai pihak,” jelas Irfan.

Lebih lanjut, Irfan juga memastikan bahwa penerbangan tersebut telah dilaksanakan melalui koordinasi intensif bersama berbagai pemangku kepentingan untuk memastikan aspek keamanan dan keselamatan penerbangan dapat terimplementasikan secara maksimal.

“Pada kesempatan ini kami juga ingin menyampaikan apresiasi dan mengucap kan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan sekaligus sinergi yang telah terjalin dengan berbagai pihak yang telah mendukung kelancaran seluruh proses penerbangan kemanusiaan ini. Kiranya kolaborasi berbagai pihak dalam misi kemanusiaan ini tidak hanya memberikan manfaat bagi masyarakat Papua Nugini namun juga dapat menyampaikan semangat dan pesan persaudaraan bagi masyarakat dunia,” tutup Irfan.

Sebelumnya, Garuda Indonesia turut terlibat aktif dalam berbagai misi kemanusiaan Pemerintah Republik Indonesia diantaranya melalui pengangkutan bantuan kemanusiaan untuk korban konflik di Palestina dan Sudan, bantuan bagi korban bencana siklon Mocha di Myanmar, bantuan bagi masyarakat Turki dan Suriah, serta berbagai bantuan kemanusiaan lainnya.

Reporter : Mon/Rls


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca