Minggu, 14 Jul 2024
x

Menko Polhukam dan Mendagri Australia Sepakati Peningkatan Kerja Sama Hukum dan Keamanan Kedua Negara

waktu baca 2 menit
Rabu, 8 Mei 2024 20:09 0 18 Redaksi Liputan86

JAKARTA, L86News.com – Menko Polhukam Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto menerima kunjungan Mendagri Australia, The Honorable Clare O’Neil, MP di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (8/5/2024). Pertemuan ini merupakan pertemuan pertama antara kedua pihak.

“Kunjungan Mendagri Australia ke Jakarta ini merefleksikan kuatnya hubungan bilateral kedua negara, serta arti penting Indonesia untuk Australia,” ujar Menko Polhukam Hadi.

Kedua Menteri mendiskusikan perkembangan situasi keamanan global serta sejumlah isu kerja sama Indonesia-Australia di bidang penegakan hukum dan keamanan, antara lain penanggulangan terorisme, keamanan siber, dan keamanan maritim.

Selain itu, Menko Polhukam dan Mendagri Australia juga membahas peluang memperkuat kolaborasi atas isu yang menjadi kepentingan kedua negara antara lain rencana Pertemuan ke-10 Indonesia-Australia Ministerial Council Meeting on Law and Security (MCM) dan Pertemuan ke-5 Sub-Regional Meeting on Counter Terrorism and Transnational Security (SRM) tahun 2024 di Indonesia.

“Pertemuan MCM dan SRM dilaksanakan reguler pertahun dan dipimpin bersama oleh Menko Polhukam dan Mendagri Australia untuk membahas beberapa isu, antara lain penanggulangan terorisme dan kejahatan lintas negara,” ujar Menko Hadi.

Hadir dalam pertemuan tersebut Deputi Bidang Koordinasi Politik Luar Negeri Kemenko Polhukam Duta Besar Rina P. Soemarno, Deputi Bidang Koordinasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Kemenko Polhukam Irjen. Pol. Drs. Rudolf Alberth Rodja.

Kemudian Deputi Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur Kemenko Polhukam Marsda TNI Eko Dono Indarto dan Asisten Deputi Koordinasi Kerja Sama Asia, Pasifik, dan Afrika Kemenko Polhukam Nur Rokhmah Hidayah.

Sementara Delegasi Australia di hadiri oleh Senior Adviser Mendagri Australia Thomas Duke, Wakil Duta Besar Australia untuk Indonesia selaku Kuasa Usaha Ad Interim Kedubes Australia Gita Kamath, dan Regional Director Kedubes Australia Lauren Richardson.

Reporter : Mon


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca