x

Pendaftaran Gubernur Kalteng Jalur Perseorangan Segera Dibuka, Cek Syaratnya Disini!

waktu baca 2 menit
Minggu, 5 Mei 2024 22:18 0 24 Tim Redaksi 1

PALANGKA RAYA, L86News.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) mengadakan media gathering guna membahas mengenai persiapan pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalteng Tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan bersama para wartawan dari beberapa media cetak dan elektronik ini diselenggarakan di aula rapat Hotel M Bahalap, Jalan RTA. Milono, Kota Palangka Raya pada hari Ahad, 5 Mei 2024 siang.

Sastriadi, Ketua KPU Kalteng menjelaskan mengenai mekanisme penyerahan syarat dukungan bagi pasangan calon perseorangan yang ingin berkompetisi di Pilgub Kalteng tanggal 27 November 2024 mendatang.

“Jumlah DPT di Kalimantan Tengah itu 1.935.116 dari 13 Kabupaten dan 1 Kota yang ada. Sedangkan syarat dukungan bagi pasangan perseorangan adalah 10 persen dari jumlah DPT yaitu 193.512 dukungan dan tersebar paling sedikit di 8 kabupaten /kota,” jelas Sastriadi.

Sastriadi menambahkan jika syarat dukungan terdiri dari beberapa berkas seperti Formulir Penyerahan Dukungan dan Jumlah Dukungan yang dapat diakses di akun Silonkada. Selain itu, terdapat Surat Pernyataan Dukungan dan Formulir Pernyataan Identitas Penduduk yang dapat diunduh di laman http://bit.ly/Formkada-Kalteng secara online.

“Jika ada yang hendak mendaftar silahkan mulai kumpulkan Fotocopy KTP pendukungnya. Perlu digarisbawahi juga kalau untuk jalur perseorangan itu harus 10 persen dari jumlah DPT dan sebaran dukungannya itu minimal 50 persen atau diatasnya dari jumlah kecamatan atau kabupaten/kota yang ada. Cuman untuk Kapuas dan Barito Selatan persentase jumlah dukungannya itu berbeda, mereka hanya 8,5 persen dari jumlah DPT,” tambah Sastriadi.

Sastriadi melanjutkan jika waktu penyerahan dukungan dimulai pada hari Rabu, 8-11 Mei 2024 sejak pukul 08:00-16:00 WIB dan ditutup pada hari Ahad, 12 Mei 2024 sejak pukul 08:00 – 23:59 WIB bertempat di Sekretariat KPU Kalteng Jalan Jendral Sudirman, Kota Palangka Raya.

Disisi lain, Sastriadi berharap melalui keikutsertaan dari media yang terlibat aktif dalam menyebarkan informasi mengenai Pilgub Kalteng kali ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam melakukan sosialisasi di masyarakat. Selain itu, ia berharap melalui kerjasama yang baik antar semua pihak dapat mewujudkan pemilihan yang berjalan bukan hanya secara jujur dan adil, namun juga aman, lancar, dan damai.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca