x

Antisipasi Lonjakan Pendatang Baru Pasca Idul Fitri 1445 H, Disdukcapil Tangsel: Harus Segera Lapor

waktu baca 2 menit
Kamis, 18 Apr 2024 10:09 0 31 Redaksi Liputan86

TANGERANG SELATAN, L86News.com – Momentum libur Hari Raya Idul Fitri 1445 H atau lebaran  telah usai, pemudik mulai kembali ke rumah masing-masing untuk menjalankan aktivitas.

Setiap usai Lebaran, sudah bukan hal aneh jika jumlah masyarakat perkotaan mengalami penambahan.

Sebab, banyak masyarakat atau pendatang dari berbagai daerah yang memutuskan untuk mengadu nasib alias merantau ke wilayah perkotaan.

Selain Jakarta, Kota  Tangerang Selatan (Tangsel) turut menjadi salah satu destinasi alternatif untuk mengadu nasib.

Oleh karena itu, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangsel melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) telah mengantisipasi ‘banjir’ pendatang dari berbagai wilayah.

Kepala Disdukcapil  Tangerang Selatan, Dedi Budiawan mengatakan, pihaknya berharap pendatang yang tiba di Tangsel untuk merantau telah memiliki rencana untuk bekerja.

“Kami berharap kalaupun mereka dateng ke Tangerang Selatan atau keluarga di Tangsel saat mudik membawa keluarganya silakan sepanjang mereka punya keahlian, apapun itu,” kata Dedi kepada Liputan 86, Selasa 16 April 2024.

Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang baru datang dan akan menetap di Tangsel agar segera mengurus pendataan di lingkungan tempat tinggal masing-masing.

“Aturan tamu wajib lapor ke RT dan RW 1×24 jam itu tidak pernah dicabut. Jadi silakan bagi yang baru datang tanpa harus disuruh harus segera lapor terkait maksud kedatangannya,” terangnya.

Selain itu, lanjut Dedi, Disdukcapil  Tangerang Selatan juga telah memiliki sistem pendataan yang dapat diakses oleh masyarakat yang ingin mengurus perpindahan.

Sistem tersebut akan memudahkan pemerintah kota tujuan maupun pemerintah asal wilayah dalam melakukan pendataan perpindahan penduduknya.

“Kita juga di web ” Rumah Disdukcapil ” punya menu yang disebut SIPERMWN atau sistem pendaftaran penduduk non permanen.”

“Jadi warga yang datang dari luar daerah akan ter-setting, dia akan nge link ke Disdukcapil asal mereka berada,” terang Dedi lagi.

Dedi mengungkapkan, pihaknya tak bisa memprakirakan berapa banyak pendatang baru yang akan tiba di  Kota Tangerang Selatan.

Namun jika mengacu pada momentum Lebaran tahun lalu, kedatangan masyarakat baru ke  Kota Tangsel akan mencapai ribuan orang. “Kalau tahun lalu (jumlah pendatang, red) diantara 2.000 sampai 3.000 orang.

Dedi Budiawan Kadis Disdukcapil Kota Tangerang Selatan berharap,” Para warga pendatang baru di Kota Tangerang Selatan dapat mengikuti himbauan dan aturan dari dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Tangerang Selatan.

Reporter : Toni


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca