x

Peduli Bencana, Fatayat NU Lamtim Trauma Healing dan Beri Bantuan ke Korban Puting Beliung

waktu baca 2 menit
Minggu, 10 Mar 2024 20:41 0 26 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Peduli bencana alam, pengurus Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) Lampung Timur ke lokasi, paska musibah alam angin puting beliung di Kecamatan Jabung, Lampung Timur. Mereka menyerahkan bantuan dan lakukan trauma healing untuk anak-anak dampak musibah, Minggu (10/3/2024).

Penyerahan bantuan langsung dilakukan oleh Ketua PC Fatayat NU Lampung Timur; Hj Nurul Hikmah, Sekertaris Hj Rida Rotul Aliyah, Wakil Sekertaris Kharis Latifah, Bendahara Ristri Fatimah, Wakil Bendahara Siti Munawaroh dan ketua Lembaga Konsultasi Pemberdayaan Perlindungan Perempuan dan Anak (LKP3A) Fatayat NU Lamtim; Siti Romiatun.

Mendapat informasi adanya bencana, Pengurus Fatayat NU menggalang donasi di pengurus PC, PAC dan anggota Fatayat. Lalu menyerahkan bantuan uang tunai kepada 2 warga Desa Adiluhur, Kecamatan Jabung, Lampung Timur yang dalam kondisi darurat akibat kerusakan rumah yang di alaminya.

Diketahui 2 warga tersebut yaitu Ibu Maya Listiani dan Ibu Rowiyah, salah satunya adalah seorang perempuan yang menghidupi 2 anak yatim. Saat bencana Puting Beliung rumah mereka mengalami kerusakan parah.

“Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian, empati dan simpatik dari Fatayat NU Lamtim, terhadap warga yang terkena musibah. Meski tidak seberapa semoga bisa membantu dan meringankan beban mereka” Ungkap Hj Nurul Hikmah, Ketua PC Fatayat NU Lampung Timur.

“Kami berharap, warga terdampak bencana ini selalu diberi kesabaran dalam menghadapi ujian dan tetap berdo’a semoga bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala” lanjut Hj Rida Rotul Aliyah, Sekertaris Fatayat NU Lamtim itu.

Selain penyerahan bantuan, para perempuan kader NU itu juga melakukan trauma healing bagi anak-anak terdampak usai terjadinya musibah alam yang merusak ratusan rumah mereka.

Anak-anak diajak bermain, menyanyi sebagai upaya penyembuhan untuk mengatasi gangguan psikologis seperti kecemasan dan panik usai musibah.

“Melalui hiburan wisata baca, menyanyi, bermain dengan permainan tradisional, mendongeng atau bercerita bersama bisa mengurangi gangguan psikologis bagi mereka” ujar Siti Romiatun, ketua LKP3A Fatayat NU Lampung Timur.

Diberitakan sebelumnya Angin puting beliung terjang rumah warga di Desa Adiluhur, Kecamatan Jabung, Lampung Timur. Akibatnya, 6 rumah ambruk, ratusan rumah rusak dan 1 Sekolahan Dasar (SD) rusak berat pada atapnya, Sabtu (2/3/2024) lalu.

Musibah tersebut terjadi di dusun 5 Desa setempat dan terjadi sekitar pukul 18.30 WIB saat sekitar lokasi dalam kondisi hujan lebat disertai angin.

Reporter : And


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x