x

Ketahuan Curang, 1 TPS di Lamtim Lakukan Pungutan Suara Ulang

waktu baca 2 menit
Minggu, 18 Feb 2024 22:28 0 23 Tim Redaksi 1

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Salah satu anggota KPPS ketahuan menyalurkan 2 kali hak pilihnya, Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Dusun 02, Desa Sambirejo, Kecamatan Jabung, Kabupaten Lampung Timur melakukan pemilihan ulang.

Hal tersebut di sampaikan Ketua KPU Lampung Timur Wasiat Jarwo saat memantau jalannya pemilihan ulang Pemilu 2024 di TPS O2, Desa Sambirejo, Kecamatan Jabung, Lampung Timur, Minggu (18/2/2024)

Menurut Jarwo, terjadinya pemilihan ulang tersebut di sebabkan saat pelaksanaan pemilihan pada Rabu 14 Februari 2024 lalu, salah satu anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan pencoblosan dua kali.

“Peristiwa itu terjadi di TPS 02, Desa Sambirejo, Kecamatan Jabung. Dan yang mengetahui anggota KPPS melakukan pencoblosan dua kali adalah salah satu saksi partai di TPS tersebut,” kata Wasiat Jarwo.

Atas peristiwa itu, lanjut Wasiat, hari ini Minggu (18/2/2024) di lakukan proses pemilihan ulang. Sedangkan pembagian surat undangan dilakukan pada Sabtu (17/2/2024) dengan jumlah Data Pemilih Tetap (DPT) 232 terdiri dari 118 laki laki dan 114 perempuan.

“Hasil pencoblosan pada 14 Februari kemarin, khusus di TPS 02 Desa Sambirejo, Kecamatan Jabung, hasilnya tidak digunakan atau tidak direkapitulasi. Jadi, acuan rekapitulasi kita pakai hasil pencoblosan hari ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, proses pemilihan pada Rabu 14 Februari kemarin sempat sampai tahap penghitungan. Namun, lantaran banyak yang protes dan terduga mengakui perbuatannya, akhirnya proses pemilihan di hentikan.

“Karena yang melakukan pelanggaran merupakan Anggota KPPS, kami selaku KPU langsung mengambil tindakan tegas dengan memecat salah satu anggota KPPS bernama Subur hari itu juga,” kata Wasiat Jarwo.

Ditempat yang sama, Kordiv Penanganan Pelanggaran Data dan Informasi, Hendri Widiono menyebut peristiwa itu menjadi atensi hingga Bawaslu dan KPU Provinsi serta Kabupaten turun langsung kelokasi memantau proses pemilihan ulang.

“Lengkap, kami dari Bawaslu dan rekan KPU langsung menyaksikan pemilihan ulang. Dilokasi juga di jaga oleh beberapa anggota Polisi dan TNI untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan,” kata Hendri.

Reporter: Mad syah


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca