x

Kapal Berpenumpang 42 Orang Kandas di Perairan Selat Bali

waktu baca 2 menit
Minggu, 11 Feb 2024 21:02 0 24 Tim Redaksi 1

GILIMANUK, L86News.com – Tim SAR gabungan mengevakuasi penumpang KMP Agung Samudra XVIII yang kandas di Perairan Selat Bali, Minggu (11/2/2024).

Kapal dengan rute Pelabuhan Ketapang menuju Pelabuhan Gilimanuk tersebut mengangkut 42 orang penumpang dan16 orang Anak Buah Kapal (ABK).

Awalnya Kapal lepas sandar sekitar pukul 11.50 Wita, namun sekitar satu jam berselang KMP Agung Samudra XVIII terseret arus dan kandas di sebelah utara Pelabuhan Gilimanuk.

“Tepatnya kurang lebih sekitar 1 mil dari Pelabuhan Gilimanuk ke arah barat, tepatnya di sebelah utara,” kata Dewa Hendri, Koordinator Pos SAR Jembrana.

Usai menerima informasi dari anggota TNI AL Gilimanuk sekitar pukul 13.55 Wit, Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) memberangkatkan 5 personil dari Pos Jembrana.

Ke limanya kemudian menuju Gilimanuk untuk pergerakan rubber boat. Selain itu proses evakuasi juga menggunakan 2 unit speed boat dan 2 unit RIB.

Hingga pukul 16.45 Wita, tim SAR gabungan akhirnya berhasil mengevakuasi penumpang dengan selamat. Sebanyak 38 orang dibawa menuju Ruang Tunggu ASDP Gilimanuk.

Sementara 4 penumpang lainnya beserta ABK tetap berada di dalam kapal. “Saat ini kapal masih kandas dan menunggu air pasang, rencananya nanti malam akan ditarik dengan tug boat,” ungkapnya.

Selama proses evakuasi turut melibatkan unsur SAR dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Pos SAR Jembrana), TNI AL Pos Gilimanuk, Polairud Polres Jembrana, Polsek Gilimanuk, KP3, Brimob Kompi C, KSOP, BPBD, KPLP, Potensi SAR 115 dan agen kapal.

Reporter : gi/ay/hs


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca