x

Persiapan Polres Lamtim Menuju Pemilu 2024, Begini Strategi yang Diambil

waktu baca 2 menit
Minggu, 28 Jan 2024 08:27 0 31 Redaksi Liputan 86

 

LAMPUNG TIMUR,L86NEWS.COM-Wakapolres Lampung Timur, Kompol Sugandi Satria Nugraha, menekankan pentingnya keseriusan seluruh aparat kepolisian dalam menjalankan tugas pengamanan dalam pelaksanaan Pemilu.

Pernyataan tersebut muncul setelah kegiatan simulasi pengamanan pendistribusian logistik kotak suara dari Kantor Pemilihan Umum Daerah (KPUD) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga Tempat Pemilihan Suara (TPS) di desa.

Simulasi tersebut memberikan gambaran bahwa keseriusan aparat kepolisian masih kurang optimal. Wakapolres mengungkapkan harapannya agar pada hari pemungutan suara nanti, pengawalan dan pengamanan dilakukan dengan lebih serius.

“Saat melaksanakan simulasi terlihat masih kurang serius. Saya minta pada hari H nanti pengawalan pengamanan betul-betul dilakukan lebih serius,” ujar Sugandi usai menutup kegiatan di Lapangan Kecamatan Labuhan Ratu, Lampung Timur, Sabtu (27/1/2024).

Dalam persiapannya, Sugandi menekankan pentingnya anggota kepolisian untuk lebih memprioritaskan tindakan check and recheck guna memastikan situasi yang aman.

Sesuai dengan target operasi Mantap Brata, fokus utama adalah mengamankan barang, orang, tempat, hingga memastikan pelaksanaan berjalan aman dan kondusif.

Pada acara simulasi, Polres Lampung Timur tidak hanya melakukan latihan pengamanan, tetapi juga menggelar Apel dan melakukan pengecekan terhadap sarana dan prasarana yang akan digunakan pada saat pemungutan dan penghitungan suara pada 14 Februari 2024 mendatang.

Dalam menghadapi Pemilu 2024, Polres Lampung Timur berencana menerjunkan total 848 personil, dengan dukungan tambahan sebanyak 270 personil dari Polda Lampung.

Wakapolres juga mengungkapkan bahwa satuan intel kepolisian Polres Lampung Timur terus aktif mendeteksi potensi titik-titik kerawanan di beberapa TPS.

“Untuk kendaraan dari hasil pengecekan hari ini, baik kendaraan roda 4 maupun roda 2 yang akan digunakan saat pelaksanaan, semuanya dalam kondisi baik dan siap untuk pengamanan Pemilu 2024 ini,” jelas Wakapolres Kompol Sugandi.

Acara apel kesiapan personil dan pengecekan sarana dan prasarana ini dihadiri oleh aparat Polsek rayon 2 Polres Lampung Timur, personil Koramil Labuhan Ratu, Camat Labuhan Ratu Agustinus Trihandoko, serta para penyelenggara dan Panwas setempat.

Dengan langkah-langkah persiapan yang cermat ini, diharapkan Pemilu di Lampung Timur dapat berjalan dengan aman, tertib, dan kondusif.

Pewarta Ibrahim Sofyan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x