Hadiri Pegelaran Seni Budaya Tapak Karuhun, Ini Pesan Kapolda Banten

waktu baca 2 menit
Minggu, 17 Des 2023 22:09 0 42 Redaksi

SERANG, L86News.com – Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim hadiri kegiatan pegelaran seni budaya tapak karuhun Banten 2 yang dilaksanakan di Stadion Maulana Yusuf Ciceri pada Minggu (17/12) pukul 15.00 Wib.

Turut hadir dalam kegiatan Pj Gubernur Banten Al Muktabar, Anggota DPR RI TB. Khaerul Zaman, Wakil Ketua DPRD Provinsi Banten Fahmi Hakim, Pembina Paguyuban Peguron Brigjen Pol Nunung Syaifuddin dan Wakapolda Banten Brigjen Pol Sabilul Alif.

Hadir pula para Pejabat Utama Polda Banten, Kasiter Korem 064/MY, Ketua Paguyuban Peguron Serang Banten (PPSB) Yadi Supriyadi serta diikuti tokoh agama, masyarakat, para Jawara pendekar peguron Banten dan 24 perguruan silat di Provinsi Banten.

Mengawali Sambutan nya, Kapolda Banten Irjen Pol Abdul Karim mengucapkan selamat atas suksesnya pegelaran budaya tapak karuhun Banten 2023 dan pemecahan rekor muri peragaan silat golok serta peragaan silat bersama dengan pesilat sebanyak 20 ribu orang.

“Rekor ini tentunya bukan yang pertama yang diraih karena sebelumnya pada 19 November lalu tapak karuhun Banten juga telah mencetak rekor muri peragaan pencak silat dan Debus Kolosal,” kata Abdul Karim

Hal tersebut, lanjut Kapolda, merupakan kan sebuah momentum istimewa dan mengandung makna bagi masyarakat dan paguyuban tapak karuhun Banten. Ia berharap giat dapat mempererat tali silaturahmi dan peranan jawara dalam memelihara kearifan lokal serta kemajuan pembangunan di Provinsi Banten.

“Polri sebagai penanggung jawab pemeliharaan Kamtibmas tidak akan mampu menunaikan amanah itu tanpa peran serta masyarakat. Maka saya mohon dan mengajak seluruh jajaran paguyuban tapak karuhun Banten agar dapat mendukung tugas Polri,” ujar Abdul Karim.

Lebih lanjut Abdul Karim yakin nilai luhur filosofi tapak karuhun Banten mampu mendorong semangat gotong royong, solidaritas, musyawarah dan perilaku mulia dengan menjunjung tinggi kejujuran sebagai potensi untuk membimbing masyarakat serta berperan aktif dalam mendukung pelaksanaan tugas Polri.

“Saya sangat mengapresiasi acara ini karena ada acara pentas budaya dan pegelaran tapak karuhun Banten ini, jawara Banten deklarasi siap menjaga Pemilu damai 2024 dan berkomitmen tetap setia kepada Pancasila dan NKRI serta menjaga stabilitas Kamtibmas di Provinsi Banten,” kata Kapolda.

Abdul Karim menghimbau untuk tetap menjaga dan melestarikan seni Budaya Pencak Silat dan debus tapak karuhun Banten sebagai warisan budaya Bangsa  Indonesia. “Karena kita lahir dari Bangsa yang berbudaya sehingga pelestarian ini menjadi tanggung jawab kita semua sebagai anak Bangsa,” pungkasnya.

Reporter : Fah/Hum

LAINNYA