x

Babinsa Koramil 429-12/BTH Dampingi Tim Verifikasi ODF Tingkat Kabupaten

waktu baca 2 menit
Senin, 20 Nov 2023 13:19 0 22 Tim Redaksi 1

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Dalam rangka mempercepat terwujudnya desa stop buang air besar di sembarang tempat, Tim verifikasi Desa ODF (Open Defecation Free) tingkat Kabupaten Lampung Timur melaksanakan verifikasi di Tiga (3) Desa, Senin (20/11/2023).

Adapun Desa yang dimaksud antara lain, Desa Nampirejo, Desa Buana sakti dan Desa Purwodadi Mekar Kecamatan Batanghari, Kabupaten Lampung Timur.

Kegiatan verifikasi Desa ODF turut dihadiri oleh, Kadinkes Lampung Timur beserta team verifikasi, Kasi Kesra Kecamatan Batanghari, Danramil 429-12/Batanghari diwakili Babinsa Serka Ngabidin, Bhabinkamtibmas Brigpol Agus Riyanto, Ka UPTD Puskesmas Batanghari, Kades Nampirejo, Buana sakti dan Purwodadi Mekar serta kader kesehatan.

Verifikasi Open Defecation Free ( ODF ) ini dalam rangka merubah kebiasaan masyarakat dalam pengelolaan limbah buang air besar dan tidak membuang hajat sembarangan serta membiasakan PHBS (Prilaku Hidup Bersih dan Sehat).

Verifikasi ODF juga merupakan proses untuk memastikan status Open Defecation Free (ODF) suatu komunitas masyarakat yang menyatakan bahwa secara kolektif mereka telah bebas dari perilaku buang air besar sembarangan. Perilaku ini termasuk salah satu contoh perilaku yang tidak sehat karena menyebarluaskan kontaminasi lingkungan, tanah, udara, dan air.

Babinsa Serka Ngabidin berharap dan mengajak masyarakat untuk selalu menerapkan pola hidup sehat termasuk dengan tidak Buang Air Besar Sembarangan (BABS) sehingga Desa-desa di Kecamatan Batanghari dinyatakan bebas ODF.

“Dengan verifikasi ODF diharapkan masyarakat semakin sadar pentingnya kebersihan untuk kualitas kesehatan jasmani dan rohani yang lebih baik”, tegasnya.

Berdasarkan hasil verifikasi Tim verifikasi ODF (Open Defecation Free) Dinas Kesehatan Kabupaten Lamtim, Desa Buana sakti, Nampirejo dan Desa Purwodadi Mekar Kecamatan Batanghari layak disebut sebagai Desa bebas ODF (Open Defecation Free).

Reporter : Tar/Pendim


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca