x

Bambang Purwanto Bagikan Alsintan Gratis, Dorong Minat Bertani Generasi Muda Yang Mulai Menurun

waktu baca 2 menit
Rabu, 11 Okt 2023 18:23 0 23 Redaksi Liputan 86

LAMANDAU, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, membagikan Alat dan Mesin Pertanian atau Alsintan gratis kepada masyarakat dan kelompok tani di Kabupaten Lamandau, Provinsi Kalimantan Tengah pada Rabu, 11 Oktober 2023.

Diketahui bantuan yang dibagikan oleh Bambang Purwanto ini tidak dipungut biaya sepeserpun, yang mana terdiri dari berbagai peralatan modern, mulai dari hand traktor roda dua type rotary 12 unit, hand traktor roda dua type singkal 1 unit, traktor roda empat 1 unit, dan pompa air 1 unit.

Bambang Purwanto menjelaskan jika bantuan ini diberikan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah tersebut. Selain daripada itu, bantuan ini juga bertujuan untuk menarik minat generasi muda agar mau terlibat dalam sektor pertanian.

Sebab lanjutnya, berdasarkan beberapa data dari ahli dan lembaga survei, minat generasi muda terhadap pertanian telah mengalami penurunan. Faktor-faktor seperti urbanisasi dan persepsi bahwa pertanian adalah pekerjaan yang kurang menarik menjadi beberapa penyebabnya.

Namun, Bambang Purwanto yakin dan optimis bahwa dengan menyediakan dukungan yang memadai, seperti peralatan pertanian modern, dukungan pendidikan dan pelatihan, serta pembekalan ketrampilan khusus, maka stigma negatif terhadap pertanian dapat diubah.

“Pertanian adalah salah satu sektor yang menopang perekonomian di Kalimantan Tengah. Saya akan terus berusaha untuk memberikan dorongan yang maksimal dalam hal ini, terutama untuk menarik minat generasi muda agar mau bertani dan tidak malu untuk bertani,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x