Lagi, Nahkoda KM Labobar Gagalkan Penyelundupan 4 Ekor Burung Cendrawasih

waktu baca 2 menit
Sabtu, 30 Sep 2023 20:00 0 50 Redaksi

SORONG, L86News.com – Nahkoda Kapal KM Labobar Capten Sumarjono Pujo bersama awak kapal kembali menggagalkan penyelundupan 4 ekor hewan di lindungi jenis burung cendrawasih asal Papua.

Bahkan penyelundupan sejumlah miras lokal jenis cap tikus asal Manado juga berhasil di gagalkan oleh punggawa di atas kapal ketika melaksanakan perjalanan laut.

Nahkoda Kapal KM Labobar Capt Sumarjono Pujo mengatakan upaya penyelundupan tersebut di ketahui ketika Satpam hendak menutup pintu di bagian dek-dek kapal.

“Setelah di lakukan swiping oleh Mualim II dan team pemeriksaan tiket di bantu anggota PAM dari Yonmarhanlan XIV Sorong barang Illegal tersebut berhasil di temukan,” ujar Nahkoda, Sabtu (30/9).

Hasil penemuan barang ilegal berupa 4 ekor burung cendrawasih itu, kata Nahkoda, kemudian di serahkan ke petugas PT Pelni Cabang Serui untuk di teruskan ke pihak kantor BKSDA Cabang Serui.

Disaksikan Kacab Pelni Serui, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Serui dan anggota PAM dari Yonmarhanlan XIV, hewan di lindungi itu diserahkan ke BKSDA Serui untuk di kembalikan ke habitatnya di alam Papua.

“Sebelumnya kami juga menggagalkan 982 liter minuman ilegal jenis cap tikus asal Manado dan 221 liter di tempat dan waktu berbeda. Yakni di dek 4 belakang, kanan dan tengah serta di dek 5 belakang Kapal KM Labobar,” ungkapnya.

Dijelaskan Capten Sumarjono Pujoe, untuk sementara pemilik barang masih dalam penyelidikan. Jika sudah di temukan, di pastikan akan diproses di Polsek Pelabuhan Serui sesuai hukum yang berlaku,” pungkasnya.

Reporter : Tim/Red

LAINNYA