x

Kepala SD Beragama Kristen di Lamtim Sukses Galang Donasi Bangun Mushola

waktu baca 3 menit
Selasa, 19 Sep 2023 15:19 0 50 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Prasojo, S.Pd, Kepala SDN 5 Bandar Agung, Kecamatan Bandar Sribhawono, Lampung Timur sukses menginisiasi pembangunan mushola di Dusun Umbul Glimbung desa setempat.

Berkat upaya sang kepala sekolah dan dukungan semua pihak, mushola SDN 5 yang di rencana kan di bangun secara bertahap itu, kini sukses di bangun lebih cepat dan jika tidak ada aral melintang akan di resmikan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Lampung Timur beberapa hari kedepan. 

Tokoh warga Dusun Umbul Gelimbung, Sutrisno mengata kan, pembangunan mushola tersebut sudah di rencanakan sejak dua tahun lalu. Namun, karena hanya mengandal kan swadaya warga dan wali murid, baru sebatas pondasi yang sudah terbangun.

“Rencana awal, pembangunan mushola ini memang akan di bangun secara bertahap. Swadaya kita kumpulkan dari wali murid dan warga setahun sekali. Jadi, kendala utama nya memang masalah dana,” ungkap Sutris, Sabtu malam (16/9/2023)

Tokoh yang juga Ketua Pantia Pembangunan Mushola SDN 5 Dusun Umbul Gelimbung ini menceritakan. Akhir tahun 2022, Kepala SDN 5 pensiun dan mendapat ganti kepala sekolah beragama kristen yang menurutnya sangat rajin dan bertoleransi tinggi. 

“Berawal ide pak Pras, kami panitia berdiskusi merunding kan penggalangan donasi. Kami di dalam dusun, Pak Prasojo di luar dusun. Alhamdulillah atas kegigihan pak Pras, mushola ini akhirnya tuntas dibangun,” ucapnya. 

Sementara, Prasojo mengata kan, selain prinsip hidup dan kewajiban, tugas seorang kepala sekolah yang di ebannya lah yang meneguh kan langkah nya dalam menggalang donasi untuk pembangunan mushola. 

“Agama adalah keyakinan, tapi hidup harus memiliki prinsip dan bermanfaat bagi orang lain tanpa memandang agama, suku, ras dan lain sebagainya,” ucap Prasojo kepada Liputan86, Minggu (17/9/2023)

Berangkat rasa prihatin melihat mushola baru sebatas pondasi, para guru dan siswa muslim harus jauh ke masjid jika hendak sholat serta penting nya pendidikan agama bagi siswa, melahirkan niat tulus sang kepala sekolah untuk menggalang donasi.

Penganut agama Kristen inipun akhirnya mengutarakan niatannya dan mendapat sambutan positif dari tokoh masyarakat dan panitia. Karena pembangunan mushola tersebut juga sudah lama membebani pikiran para tokoh, wali murid dan warga dusun setempat.

Bak gayung bersambut, niat tulus Prasojo pun akhirnya berbuah manis meski tidak sedikit aral dan tantangan menghadang. “Saya tetap teguhkan hati menemui sejumlah pihak dan menyampai kan niat serta tekad saya membangun mushola ini,” jelasnya.

Dan ternyata, tak hanya dari kenalan dekat atau sesama kepala sekolah, niatan untuk turut berpartisipasi dalam pembiayaan pembangunan mushola yang di sampai kan Prasojo pun disambut hangat oleh Dinas Pendidikan dan Korwil Bidang Pendidikan Bandar Sribhawono serta sejumlah pengusaha.

Tak hanya sampai di situ, atas dukungan komite, dewan guru, dan tokoh warga Dusun Umbul Glimbung pada Sabtu malam (16/9/2923), di halaman mushola di gelar tasyakuran yang di kemas dalam bentuk pengajian dan sholawatan bersama anak didik, wali murid, guru dan seluruh warga. 

Tasyakuran bertema UPTD SDN 5 Bandar Agung Bersholawat itu pun berlangsung khidmat dan meriah. Menghadirkan Kyai Rohmat Mutammam, Pengasuh Pondok Pesantren Al-Anwar Annur, warga dan seluruh keluarga SDN 5 berucap syukur atas selesai nya pembangunan mushola dengan melantukan sholawat dan doa bersama. 

Reporter : Dar


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x