x

Presiden Jokowi Cerita Awal Masuk Politik: Hanya Satu Yang Saya Bangun, Trust

waktu baca 2 menit
Sabtu, 16 Sep 2023 22:52 0 28 Redaksi Liputan 86

BOGOR, L86News.com – Presiden Joko Widodo menghadiri acara relawan Seknas Jokowi di Hotel Salak, Kota Bogor, Jawa Barat. Jokowi mencerita kan kesamaan awal mula dirinya terjun sebagai pengusaha dan masuk ke dunia politik.

“Ini menarik bercerita dari apa yang saya bangun. Mungkin, dengan sebuah pola pikir yang berbeda karena memang sejak saya membangun usaha, dimulai betul-betul dari nol,” kata Jokowi dalam sambutannya, Sabtu (16/9/2023).

Jokowi mengatakan dirinya hanya membangun kepercayaan kepada para konsumen saat memulai bisnis. Dia mengaku tak punya apa-apa untuk memulai usaha besar.

“Saya bangun saat itu adalah satu, yaitu kepercayaan, trust, nggak ada yang lain, karena saya tidak punya apa-apa,” tuturnya.

Atas dasar kepercayaan dari konsumen, katanya, orang-orang mulai banyak membantunya. Dia mengatakan mendapat kepercayaan dari orang lain merupakan hal yang sulit.

“Orang Solo pasti tahu berangkat saya dari mana, saya memiliki apa. Begitu juga di bisnis yang saya bangun adalah trust, kepercayaan, sehingga orang mau memberikan bahan bakunya kepasa saya, meminjamkan, orang mau memberikan bahan, menolong tanpa bayar dulu, itulah yang saya bangun, kepercayaan,” jelasnya.

Dia mengatakan hal serupa juga dilakukan nya saat masuk ke dunia politik. Jokowi mengatakan dirinya membangun kepercayaan publik terhadap dirinya.

“Begitu juga saat saya masuk di politik juga sama. Yang saya bangun tidak ini ini ini, hanya satu yang saya bangun, adalah trust, kepercayaan, itu yang sulit,” sebutnya.

“Tapi sekali lagi, sejak awal saya membangun perusahaan juga trust, membangun karir politik juga yang saya bangun adalah trust, public trust,” sambungnya.

Reporter : Toni


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x