x

Ngaku Kapok, Pencuri Sawit Bersyukur Kasusnya Selesai Secara Restorative Justice

waktu baca 2 menit
Rabu, 6 Sep 2023 12:29 0 18 Redaksi Liputan 86

SIMALUNGUN, L86News.com – Salah satu pelaku pencurian sawit di Tanah Jawa, Simalungun, Sumatera Utara (Sumut), mengaku kapok melakukan perbuatannya. Boby Dermawan (31), ngaku perbuatannya itu dilakukan semata-mata karena faktor ekonomi.

Boby kini merasa lega karena perkaranya diselesaikan secara Restorative Justice (RJ). Dia bersama 69 tersangka lainnya diberikan sanksi membersihkan tempat ibadah berkat penuntasan perkara melalui RJ.

“Kami lakukan itu karena kebutuhan Pak, di rumah betul-betul susah. Jadi kami terima kasih ke pihak PT Perkebunan Nusantara IV yang telah kami rugikan. Kami minta maaf dan terima kasih sudah mau memaafkan pak,” ujarnya di Polsek Tanah Jawa, Selasa (5/9/23).

Menurutnya, perbuatan itu baru pertama kali dilakukan. Ia pun bersyukur PT Perkebunan Nusantara IV (PT PN IV) sudah bersedia berdamai melalui restorative justice.

“Jujur ini baru pertama, dan ini karena memang keadaan di rumah memang lagi betul-betul butuh uang untuk makan,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tiga tandan sawit yang di curi nya pun belum sempat dijual. Namun, ia berencana uang hasil penjualan sawit curian itu akan di gunakan membeli beras dan biaya pengobatan orang tuanya.

“Kebetulan untuk membantu biaya beli beras di rumah dan kebetulan juga pas saya melaku kan itu orang tua di rumah memang benar-benar lagi sakit keras. Jadi butuh biaya untuk berobat,” ungkap Boby.

Sebagaimana diketahui, Rj merupa kan program prioritas Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo. Dalam hal ini Kapolri menekankan penanganan kasus dengan pendekatan Rj merupakan langkah tepat guna memenuhi rasa keadilan masyarakat.

Menurut Kapolri, hal itu merupakan prinsip utama dalam keadilan restoratif, yakni penegakan hukum yang selalu mengedepankan pemulihan kembali pada keadaan semula, dan mengembalikan pola hubungan baik di tengah masyarakat. 

Reporter : Sab86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x