x

Peringati Hari Jadi Desa, LAZISNU Ranting Pelindung Jaya Gelar Khitan Massal

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Agu 2023 18:52 0 116 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Peringati hari jadi Desa Pelindung Jaya, Kecamatan Gunung Pelindung, Kabupaten Lampung Timur ke 37, Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) menggelar khitan massal di lapangan desa setempat, Kamis (10/8/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Rois Syuriah MWC NU Gunung Pelindung Kyai Muhammad Siddiq, Ketua Tanfidziah NU KH.Imam Muhtarom, KA UPTD Puskesmas Way Mili Rohman, Rois Syuriah Pelindung Jaya Kyai Saiful Bahri, Ketua LAZISNU Pelindung Jaya Wahid Abdillah, Kepala Desa Pelindung Jaya Wahab, dan Keluarga Besar NU Ranting desa setempat.

Khitanan massal diikuti 30 anak se-Kecamatan Gunung Pelindung

Ketua LAZISNU Desa Pelindung Jaya Kecamatan Gunung Pelindung, Wahid Abdillah mengatakan, setiap anak mendapat paket berupa sarung, baju Koko, Peci, dan uang saku Rp50 ribu.

“Sumber dana yang kita peroleh yakni dari para warga nahdli’in, melalui koin koin, yang setiap bulanya kita kumpulkan. Dalam khitan massal ini ada 5 tim petugas khitan yang berasal dari Puskesmas Gunung Pelindung,” ujar Wahid Abdillah.

Selaku Kepala Desa Pelindung Jaya, Wahab mengatakan, khitan adalah salah satu bagian dari syariat agama dan wajib hukumnya bagi anak laki-laki. Dari pandangan agama, fungsi dari khitan adalah mempermudah dan mempercepat proses pembersihan fisik sebagai salah satu syarat sahnya ibadah.

Sedangkan secara medis, khitan mempunyai faedah yang sangat penting, yakni untuk membuang bagian anggota tubuh yang menjadi persembunyian kotoran, virus, bakteri, dan lainnya yang dapat membahayakan kesehatan.

“Saya mengapresiasi LAZISNU Ranting Desa Pelindung Jaya atas terselenggaranya khitan massal ini dan semoga kegiatan ini dapar terus dijadikan agenda rutin tahunan dan semakin banyak Manfaat yang bisa di salurkan oleh LAZISNU Pelindung Jaya untuk masyarakat desa Pelindung Jaya,” ujarnya.

Kegiatan tersebut, sangat diapresiasi oleh berbagai pihak, salah satunya oleh warga setempat. M SiddiQ berharap kegiatan ini terus dilakukan oleh lembaga NU.

“NU hadir membawa maslahat bagi warga terutama yang ingin mengikuti khitan massal. Selamat hari jadi Desa Pelindung Jaya yang Ke 37 tahun. Semoga NU khususnya LAZISNU selalu membawa kabar kebagian,” pungkasnya.  

Reporter : Mad/Wawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x