x

Hari Ini Umat Muslim Kota Sorong Shalat Idul Adha Berjamaah

waktu baca 3 menit
Kamis, 29 Jun 2023 11:53 0 46 Tim Redaksi 1

SORONG, L86News.com – Walaupun cuaca hari ini mendung di sertai hujan rintik – rintik, namun tak mengurangi rasa semangat buat umat muslim untuk melaksanakan Shalat Idul Adha 1444 H dengan meriah di berbagai tempat yang sudah di tentukan, seperti yang terpantau oleh awak media bahwa pelaksanaan shalat Idhul Adha di gedung serba guna yonif RK 762/Vys di jln Basuki Rahmat kilo meter 10,5 kelurahan klawalu distrik Sorong timur, kota Sorong provinsi Papua barat daya,” kamis, (29/6/2023).

Sesuai Keputusan dari kantor agama kota sorong untuk pelaksanaan shalat Idhul Adha akan di lapangan batalion yonif RK 762/Vys,namun cuaca saat ini mendung dan hujan sehingga sholat Idhul Adha di alihkan ke gedung serba guna yonif RK 762/Vys di gunakan karena cuacanya mendung dan hujan sehingga gedung serba guna yonif RK 762/vys tersebut telah dijadikan untuk sholat Idhul Adha berjamaah bersama dan dapat memberikan ruang yang lebih luas untuk jemaah.

Bertindak sebagai imam adalah bapak Ibnu Agil Al Hafidz, sedangkan yang bertindak sebagai khotib yaitu bapak Muchammad Ali Akbar,S.AP. S.Sos.I menyampaikan bahwa meskipun pelaksanaan Shalat Idul Adha oleh warga Yonif RK 762/Vys yang dilaksanakan di gedung serba guna, namun jemaah yang hadir diakui lebih banyak dibandingkan tahun 2022. Hal ini menunjukkan semangat dan partisipasi yang tinggi dari masyarakat dan warga Yonif RK 762/vys dalam merayakan hari raya Idul Adha 1444 H, tahun 2023,” ucapnya.

Pada hari yang sama, jemaah haji di Mina, Arab Saudi, juga melaksanakan rangkaian ibadah haji dengan melempar jumrah. Sebagai jemaah di Tanah Suci, mereka merasa beruntung dapat merayakan Idul Adha di tempat yang khusus dan suci, sambil menjalankan ibadah haji yang diwajibkan bagi umat Muslim,” terangnya.

“Seorang jemaah yang mengikuti sholat Idhul Adha di gedung serba guna yonif RK 762/VYS saat di temui wartawan mengatakan bahwa,selalu bersyukur bisa kembali mengikuti Shalat Idul Adha dengan nuansa yang berbeda dan di lokasi yang berbeda. Hal tersebut disebabkan karena pada tahun-tahun sebelumnya,kita melaksanakan sholat Idhul Adha di laksanakan halaman lapangan yonif RK 762/vys. Namun tahun ini sangat berbeda dan yang kita gunakan untuk Salat Id adalah gedung serba guna yonif RK 762/vys yang kapasitasnya pun sangat terbatas,” ungkapnya.

Hadir juga pada shalat Idhul Adha berjamaah letkol Inf Feri Wijaya. S.Hub.Int bersama seluruh warga Yonif RK 762/Vys yang beragama muslim dan sekitar 500 ribu masyarakat yang tinggal di sekitar asrama yonif 762/Vys ikut menghadiri shalat Idhul adha berjamaah bersama.

Sebagai bentuk penghormatan, setelah pelaksanaan sholat Idhul Adha 1444 H,dilanjutkan dengan penyerahan hewan qurban 1 ekor sapi oleh DANYONIF 762/Vys kepada pengurus masjid Baitussalam yonif RK 762/Vys dan di saksikan oleh warga Muslim yang berada di sekitar masjid untuk melaksanakan pemotongan hewan qurban setelah melaksanakan sholat Idhul Adha bersama. Melalui pelaksanaan qurban ini, mereka menunjukkan komitmen mereka untuk mengikuti ajaran agama dan berbagi rezeki dengan sesama.

Dengan adanya peningkatan jumlah jemaah yang hadir pada Shalat Idul Adha tahun 2023 ini, sehingga sholat Idhul adha ini dianggap sukses dan memberikan suasana yang berbeda bagi warga Masyarakat kota Sorong yang kita cintai bersama,sehingga dengan kebersamaan dan semangat dalam merayakan hari raya ini dapat mencerminkan kesatuan dan kebersamaan umat Muslim di Kota sorong,” pungkasnya.

Reporter : Tim/Red


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca