x

Antisipasi Bencana, Kodim Cilacap Resmikan Posko Mitigasi

waktu baca 3 menit
Senin, 26 Jun 2023 13:12 0 56 Tim Redaksi 1

CILACAP, L86News.com – Kabupaten Cilacap merupakan Kabupaten terluas yang ada di Jawa Tengah, secara geografis, geologis, demografi, maupun hidrologis Cilacap sangat rentan terhadap berbagai jenis bencana untuk itu Kodim 0703/Cilacap terus berupaya mengurangi risiko bencana dengan meresmikan posko mitigasi bencana di Pantai Teluk Penyu Cilacap, Sabtu (24/6/2023).

Letkol Inf Andi Afandi yang saat ini menjabat sebagai Waasops Kopasus mengatakan bahwa saat melihat kondisi dan letak Cilacap yang sangat rentan dengan bencana alam maka kita bersama sama untuk menjaga pantai kita khususnya pantai Teluk Penyu.

“Saya mengajak semuanya karena kapan lagi kita berbuat selagi kita sehat mari kita bergerak untuk menjaga termasuk kebersihan pantai Telukpenyu,” tandasnya.

Sementara itu Dir Ops PLTU Karangkandri, Irfan Rahmat mengatakan bahwa Cilacap merupakan daerah rentan dengan bencana alam, maka dari itu kami bersama Letkol Andi Afandi saat menjabat sebagai Dandim 0703/Cilacap mempunyai pemikiran untuk pembentukan posko bencana.

“Harapannya September nanti posko bencana selesai dikerjakan sehingga Cilacap semakin bercahaya, selain itu untuk menarik masyarakat maka kita melengkapi area pantai Telukpenyu dengan arena Sport Laut,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Pj. Bupati melalui Sekda Cilacap Awaluddin Muuri menyampaikan bahwa saya secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Cilacap menyambut baik dan mengucapkan terimakasih serta apresiasi atas kepedulian Keluarga Besar Kodim 0703/Cilacap yang terus berupaya mengurangi risiko bencana di Kabupaten Cilacap.

“Seperti kita ketahui bersama, bahwa secara umum wilayah Indonesia menghadapi risiko bencana dan perubahan iklim yang semakin meningkat, sehingga tantangan dalam mengelola dan mengurangi resiko-resiko bencana juga semakin besar. Kondisi rawan bencana juga menjadi ancaman di wilayah Provinsi Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Cilacap. Secara geografis, geologis, demografi, maupun hidrologis, wilayah Kabupaten Cilacap sangat rentan dan rawan terhadap berbagai jenis bencana bahkan hampir seluruh bencana yang ada di Indonesia terdapat di Kabupaten Cilacap, sehingga kalau boleh mengambil istilah “Cilacap Adalah Laboratoriumnya Bencana,”ungkapnya.

Kondisi tersebut tentunya harus menggugah kesadaran kita bersama untuk secara terus menerus terkoordinasi dalam melakukan berbagai upaya sistematis untuk mengurangi resiko yang timbul akibat bencana dengan meningkatkan kapasitas seluruh stakeholder terkait, baik pemerintah maupun masyarakat sehingga akan lebih siap menghadapi bencana beserta dampaknya.

“Besar harapan saya, nantinya posko ini dapat terus dimanfaatkan dan digunakan dengan sebaik-baiknya dalam upaya mengurangi resiko dan penanggulangan bencana di Kabupaten Cilacap,” imbuh Sekda Cilacap.

Tampak hadir Letkol Inf Andi Yuliazi, S.E., M.I.P. Dandim 0703/Cilacap, Letkol Inf Andi Afandi, S.I.P., M.I.P. Waasops Kopasus, Awaluddin Muuri, AP.,M.M. Sekda Cilacap, Irfan Rahmat Dir. Ops dan Tek PLTU Karangkandri, Akp Huda Kasatpol Airud Polresta Cilacap, Kapten Laut (P) M. Burhanudin Kaur Pamgal Sintel Lanal Cilacap, Ibu Erna Suharyati, S.H,.M.A., Plt. BPBD Cilacap, Kapten Inf Rusnadi Kepala Pangkalan Kopasus Cilacap, Satrio Nuridanto Kasumda Basarnas Cilacap, Basuki Priyo Nugroho, S.Sos., M.Si. Camat Cilacap Selatan serta para tamu undangan.

Reporter : Shol/Pendim


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca