x

Wakil Bupati Banyumas, Hadiri Halal Bihalal di Kedung Banteng

waktu baca 3 menit
Rabu, 3 Mei 2023 15:33 0 72 Redaksi Liputan 86

BANYUMAS, L86News.com – Wakil Bupati Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, H. Sadewo Tri Lastiono hadiri Kegiatan Silaturahmi dan Halal Bihalal Persatuan Kepala Desa, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Forkompimcam Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas Jawa Tengah, Selasa (02/05/2023).

Acara yang diselenggarakan oleh persatuan kepala desa bersama MUI dan Forkopimcam Kedung Banteng, mengangkat tema “Taburkan Maaf, Sucikan Hati, dalam Indahnya Silaturrahmi”

Selain Wakil Bupati, acara yang digelar di pendopo balai Desa Dawuhan Kulon itu juga dihadiri Camat Sutarno, Ketua MUI, Kades, LPMK, PKK, Dawis, Muslimat, Fatayat, Ansor, Banser, Pemuda Pancasila, kepala sekolah, para alim ulama, takmir masjid dan mushola serta tamu undangan lainnya.

Mewakili para kepala desa, Kades Dawuhan Kulon Mahbub Kamal mengatakan momentum halal bihalal dapat di jadikan ajang penilaian perbuatan yang telah di lakukan selama ini agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

“Saya menginginkan lebaran idul fitri jangan setahun sekali, tapi setiap bulan, karena di idul fitri semua orang tanpa kecuali berlomba-lomba mengakui kesalahanya dan semangat untuk meminta maaf”, ungkap Mahbub.

Menurutnya, seluruh kepala desa se-Kecamatan Kedungbanteng dan jajaran, bersama MUI, Forkompimcam, dan seluruh elemen masyarakat, ormas, tokoh terus menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah masing masing.

“Pemberdayaan dan persatuan umat, agar kita kuat, karena mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih dicintain oleh Allah SWT dari pada mukmin yang lemah, dan moment ini kita bisa evaluasi, intropeksi, saling mendo’akan, bermaaf-maafan, menguatkan ikatan tali silaturrahmi dan inten berkomunikasi, halal bihalal itu sendiri merupakan salah satu tradisi yang berkembang di kalangan masyarakat islam Indonesia termasuk di Kecamatan Kedungbanteng”. tuturnya

Dalam kesempatan itu, wakil Bupati H. Sadewo Tri Lastiono, didampingi Camat Sutarno dalam sambutanya sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia penyelenggara, kita harus terus menjaga hablumminallah (hubungan baik dengan Allah Swt) dan hablumminannas (hubungan baik dengan sesama manusia), kata Sadewo.

“Mengutip salah satu pesan dari orangtua kandung saya, saat itu orangtua menasehati saya, sebaik apapun hubunganya manusia dengan Allah Swt, tapi kalo hugungan dengan sesama manusia tidak baik, maka tidak akan masuk surga, halal bi halal ini merupakan sarana paling tepat dan efisien untuk saling memaafkan, mempererat persaudaraan dan mempererat persatuan dan kesatuan”, tegasnya.

Halal bi Halal ini berjalan lancar, sukses dan hikmad, ditutup dengan mauidhotul hasanah dan do’a sapu jagat oleh Atiq Nur Robbani (Nunung) pengasuh pondok pesantren An Nur Kedunglemah Desa Kedungbanteng Kecamatan Kedungbanteng, dengan memberi motovasi semua yang hadir dan mengisahkan teladan para nabi dan kiai yang selalu bertaqwa, menedekatkan diri kepada Allah Swt, dengan disiplin waktu sholat, rajin mengaji Al-Qur’an, rajin bersedakah, berinfaq diwaktu kaya ataun miskin, mampu menahan emosi, rajin memaafkan kesalahan sesama dan memohon ampunan kepada Allah SWT, Aamiin.

Reporter : Slh/Dj


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x