Minggu, 23 Jun 2024
x

Ujian Samjas Semester I Digelar 3 Hari ke Depan oleh Polres Kebumen

waktu baca 2 menit
Rabu, 15 Mar 2023 09:58 0 43 Redaksi Liputan86

KEBUMEN, L86News.com – Selama tiga hari kedepan tanggal 15-17 Maret, Polres Kebumen menggelar Ujian Kesamaptaan Jasmani (Samjas) kepada seluruh personelnya.

Ujian Samjas dilaksanakan di Stadion Candradimuka Kebumen, dan dibuka langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Burhanuddin, Rabu 15 Maret 2023.

Ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Kapolres Kebumen maka secara resmi Ujian Samjas Semester I Tahun Anggaran 2023 dibuka.

“Ujian Samjas masuk ke dalam penilaian program 13 komponen dari SDM Polri. Jadi laksanakan ujian ini dengan sungguh-sungguh,” jelas AKBP Burhanuddin.

Ujian Samjas yang dilakukan 6 bulan sekali itu wajib diikuti seluruh personel Polres Kebumen, termasuk seluruh ASN Polres Kebumen.

Selanjutnya Kasi Humas Polres AKP Heru Sanyoto menambahkan, Ujian Samjas memiliki tujuan untuk mengukur tingkat kebugaran masing-masing personel.

“Dari Ujian Samjas itu pula, akan diketahui kesiapan stamina serta sekaligus untuk memelihara kesehatan, agar selalu siap menjalankan tugas kepolisian,” kata Kasihumas AKP Heru.

Hasil penilaian Ujian Samjas selanjutnya akan dilaporkan ke Polda Jateng.

Pentingnya mengikuti penilaian Ujian Samjas dan masuk ke dalam Program 13 menjadi salah satu syarat personel untuk bisa mengikuti pendidikan pengembangan umum Polri, ataupun ASN Polri, termasuk persyaratan pengusulan kenaikan pangkat serta pendidikan lanjutan bagi ASN Polri.

Sebelum mengikuti Ujian Samjas, para personel dicek kesehatannya terlebih dahulu, selanjutnya mengikuti rangkaian test diantaranya lari 12 menit, push up, pull up, sit up, dan shuttle run.

“Jika pada awal pengecekan kesehatan didapati kesehatan personel kurang vit, Ujian Samjas baru bisa diikuti pada hari selanjutnya saat kondisi kesehatan telah kembali normal,” pungkasnya.

Reporter : Fit86


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca