x

Minimalisir Laka air, Polres Banjarnegara Bagikan Life Jaket di Wisata Sekong Wanadadi

waktu baca 2 menit
Rabu, 8 Mar 2023 16:22 0 76 Tim Redaksi 1

BANJAR NEGARA, L86News.com – Polres Banjarnegara menggelar program ikan selayar atau ikut andil keselamatan berlayar di wisata perairan Sekong Wanadadi Kabupaten Banjarnegara, Rabu (8/3/2023).

Kapolres Banjarnegara AKBP Hendri Yulianto SIK, MH mengatakan, program ikan selayar atau ikut andil keselamatan berlayar merupakan salah satu program kegiatan polda jateng guna mencegah dan meminimalisir kejadian laka laut atau air di obyek wisata perairan danau, waduk, bendungan, sungai, pesisir laut.

“Program sebagai bentuk keprihatinan atas terjadinya musibah laka laut atau air,” katanya saat memberikan sambutan.

Menurut dia, salah satu penyebab kejadian laka air salah yakni kurangnya kepedulian dan kesadaran masyarakat perairan tentang pentingnya mengutamakan keselamatan disaat beraktivitas di perairan.

“Menaikan penumpang wisatawan melebihi daya tampung perahu wisata, para penumpang tidak menggunakan alat keselamatan diri (life jacket) saat menaiki perahu wisata, nakhoda atay pengemudi perahu masih dibawah umur serta tidak mempunyai kompetensi di bidangnya,” ujar dia.

Pada saat kegiatan, lanjut dia, pihaknya membagikan life jacket kepada masyarakat perairan, sebagai upaya untuk menekan atau menurunkan angka kecelakaan di wilayah perairan.

“Serta memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa penggunaan atau pemakaian alat keselamatan disaat beraktivitas di perairan adalah sudah menjadi standar operasional prosedur serta menjadikan budaya keselamatan aktivitas di wisata perairan menjadi budaya kita semua,” kata dia.

Keselamatan dalam kegiatan di perairan, sambung Kapolres, khususnya kegiatan wisata perairan merupakan kebutuhan mutlak dan tanggung jawab bersama baik dari pemangku kebijakan, operator atau pelaku jasa wisata perairan serta termasuk para pengunjung wisata sendiri.

“Semua perlu memahami pentingnya keselamatan dalam aktivitas wisata perairan dan menjadikannya sebagai kebutuhan khususnya pelaksanaan pemenuhan aspek dalam keselamatan,” pungkasnya.

Terjaminnya keselamatan dan kenyamanan dalam aktivitas wisata perairan akan memberikan pandangan positif bagi wisatawan.

“Hal ini akan berdampak pada peningkatan kunjungan wisata perairan, secara bersamaan perekonomian masyarakat akan meningkat, maka program nasional pemulihan ekonomi disektor pariwisata pascaa pandemi covid 19 akan tercapai,” pungkasnya.

Pada kegiatan tersebut Polres Banjarnegara juga memberikan layanan kesehatan untuk masyarakat sekitar waduk dan nelayan, serta penyerahan jaket keselamatan, sembako dan bibit ikan.

Reporter : Shol/Hum


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca