x

Mediasi Berlangsung Tertib, Dandim 1702/Jwy Ucapkan Terima Kasih ke Masyarakat

waktu baca 3 menit
Rabu, 1 Mar 2023 22:32 0 56 Tim Redaksi 1

JAYAWIJAYA, L86News.com – Situasi Wamena, Kabupaten Jayawijaya saat ini dalam situasi kondusif dan aman. Keadaan tersebut didukung niatan tulus dari semua pihak, sehingga digelar mediasi penyelesaian masalah terkait kasus kerusuhan hingga menimbulkan korban pada 23 Februari 2023 lalu. 

Mediasi dipimpin Didimus Yahuli selaku Ketua Asosiasi Bupati Sepegunungan dan di hadiri unsur Forkopimda, Tokoh Masyarakat, Adat, Pemuda, Perempuan dan di bantu TNI Polri di lapangan Pendidikan Jl. D.I Panjaitan Distrik Wamena Kabupaten Jayawijaya, Selasa (28/2/23)

“Untuk kelancaran acara mediasi ini, dari pihak TNI membantu proses pengamanan agar aman dan lancar serta segera mendapat solusi,” jelas Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Kav Herman Taryaman, S.I.P., M.H saat dikonfirmasi.

Tampak dalam pertemuan, PJ Gubernur Papua Pegunungan Nikolaus Kondomo, Bupati Yahukimo Didimus Yahudi, Bupati Nduga Namia Gwijangge, mantan Bupati Lanny Jaya Befa Yigibalom, Dandim 1702/Jwy Letkol Cpn. Athenius Murip, Kapolres Jwy Akbp Hesman S. Napitupulu, Ketua Pengadilan Negeri Wamena Yasid, Kajari Jwy Salman.

Wakil Bupati Jwy Marthen Jogobi, Ketua Dprd Jwy Matias Tabuni, Dpr Nduga Namatus Gwjangge, Sekda Lany Jaya Tedien Wenda, Pemerhati HAM Theo Hesegem, Ketua LMA Jwy Herman Doga, Tokoh Gereja (FKUB) dan Keluarga Korban dari Jayawijaya, Lany jaya, Yahukimo dan Nduga.

Pada kesempatan itu, Didimus Yahuli mengatakan semua aspirasi sudah diterima dan proses hukum sedang berjalan. Sekaligus akan membahas permintaan dari setiap perwakilan daerah yang sudah menyampaikan aspirasinya pada hari ini. 

Masalah, menurutnya akan di selesaikan secara budaya dan hukum yang berlaku. Untuk proses budaya dapat selesai kan dengan dibantu oleh para bupati sesuai dengan tuntutan keluarga.

Sementara itu, Nikolaus Kondomo selaku PJ Gubernur Papua Pegunungan mengajak untuk mendoakan para almarhum korban kerusuhan.

“Saya dengan para pejabat hadir disini untuk mendengar kan aspirasi dari keluarga korban peristiwa kerusuhan kemarin,” ungkapnya

Di tempat yang sama Namatus Gwjangge selaku DPR Kabupaten Nduga menegaskan masalah di selesaikan dengan cara dua jalur, yaitu jalur hukum dan jalur adat. 

Demikian pula halnya perwakilan keluarga korban meminta denda dan ganti rugi, serta proses adat maupun hukum tetap berjalan. Jika benar pelakunya aparat keamanan TNI Polri maka segera diproses hukum.

Saat dimintai tanggapannya, Dandim 1702/Jwy Letkol Cpn Athenius Murip menyampai kan ucapan terima kasih karena acara mediasi berlangsung baik dan masing-masing pihak dapat sampai kan aspirasi, termasuk pihak keluarga korban.

“Masyarakat yang mengikuti pertemuan kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan aman dan tertib. Terima kasih kepada seluruh masyarakat dan Para Tokoh,” ungkapnya.

“Mari kita jaga wilayah ini dengan baik, sehingga tetap aman dan damai. Saat ini situasi kondusif, terkait ada nya berita situasi Wamena lumpuh itu tidak benar, itu Hoax,” tegasnya. 

Reporter : Hasna


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca