x

Bambang Purwanto Dorong Optimalisasi Lahan Pertanian Produktif di Kalimantan Tengah

waktu baca 2 menit
Senin, 13 Nov 2023 17:54 0 12 Tim Redaksi 1

PULANG PISAU, L86News.com – Bambang Purwanto, anggota Komisi IV DPR RI Fraksi Partai Demokrat dapil Kalimantan Tengah, mendorong optimalisasi lahan pertanian produktif di Kalimantan Tengah melalui serangkaian bimtek kolaborasi bersama Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada Jum’at, 10 November 2023.

Kegiatan bimtek mengenai Pembenihan Tanaman Pangan ini diikuti oleh sekitar 100 orang peserta yang berasal dari masyarakat dan kelompok tani, dan diselenggarakan di Desa Tahai Jaya, Kecamatan Pandih Batu, Kabupaten Pulang Pisau, Provinsi Kalimantan Tengah.

Bambang Purwanto menjelaskan jika bimtek yang disampaikan terdiri dari beberapa materi penting seperti Sistem Tanam Jajar Legowo, Produksi Benih Padi, dan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) yang difokuskan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas petani.

“Saat ini, selain fokus untuk membagikan bantuan alat dan mesin pertanian, kita juga fokus untuk meningkatkan kualitas para petani. Makanya kita mencoba memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan yang memang dibutuhkan oleh petani kita saat ini,” ujarnya.

Bambang Purwanto berharap jika hasil kegiatan bimtek ini nantinya dapat membawa dampak positif bagi perkembangan pertanian yang ada, dan turut serta membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Tengah.

“Saya hanya ingin, apa yang saya telah lakukan ini, menjadi suatu ikhtiar untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat, terutama kesejahteraan para petani. Karena petani adalah adalah garda terdepan dalam mewujudkan ketahanan dan kedaulatan pangan, garda terdepan yang bisa membawa Indonesia menjadi negara maju di masa depan,” tutupnya.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca