x

Membangun Birokrasi Atau Pelayanan Publik di Kelurahan Yang Efektif dan Cepat

waktu baca 5 menit
Jumat, 25 Nov 2022 19:45 0 388 Redaksi Liputan 86

Ditulis oleh Samsul Anwar, Plt. Ketua HIMANERA (Himpunan Mahasiswa Prodi Administrasi Negara) Universitas Sutomo, Serang

Pelayanan Publik merupakan kegiatan birokrasi pemerintahan dalam rangka pemenuhan segala kebutuhan–kebutuhan administrasi masyarkat. Yang kita ketahui setiap manusia tidak jauh dari segala administrasi karena kita hidup dalam negara yang telah diatur dalam suatu aturan. Indonesia yang merupakan negara yang Populasi masyarakat terbanyak ke-4 di dunia dengan jumlah 200 juta lebih jiwa, tentu saja birokrasi disibukan oleh banyak administrasi masyarakat. Bahkan di Indonesia masyarakat yang berumur muda sudah melakukan administrasi seperti pencatatan sipil seorang anak.

Kita sudah mengetahui Pelayanan publik di Indonesia terdapat banyak masalah tentunya. Masalah tersebut yang membuat birokrasi dan segala pelayanan publik dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat menilai pelayanan publik kurang baik bahkan bisa di bilang buruk. Mulai dari pelayanan yang cukup lama sampai kisruh dalam mengurus administrasi. Jelas sistem pelayanan publik yang kurang maju dan kuno itu yang membuat pelayanan publik di Indonesia kurang baik. Meski sudah mengalami perubahan dalam pelayanan publik tetap saja masih kurang dirasakan oleh masyarkat. Bahkan perubahan tersebut mengalami kemunduran dari pada kemajuan.Perkembangan zaman dan semakin banyaknya populasi masyakat Indonesia yang seharusnya menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan perubahan–perubahan dalam sistem birokrasi dan pelayanan publik.

Disini penulis akan memfokuskan birokasi dan pelayanan publik ditingkat Kelurahan/Desa. Di lembaga atau instansi ini mungkin salah satu lembaga yang sering masyarakat kunjungi untuk memenhi kebutuhan administrasi masyarakat. Di Kelurahan juga cukup banyak administrasi–administrasi yang harus kita lakukan disini.

IDE GAGASAN

Seiring dengan perkembangan zaman yang kita ketahui saat ini terutama teknologi. Teknologi sekarang merubah banyak hal dalam kehidupan kita dalam kata lain teknologi dapat mempermudah segala urusan dan kegiatan yang kita lakukan, sebagai contoh yang seharusnya lama bisa menjadi cepat, segala urusan dapat dilakukan dirumah dan lain lain. Teknologi yang menunjukan kemajuan ini seharusnya pemerintah baik pejabat yang berkaitan dalam hal birokrasi dan pelayanan publik seharusnya memanfaatkan teknologi yang ada, dengan teknologi segala urusan birokrasi dapat efisien sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan segala urusan administrasi.

Mungkin di beberapa Instansi pelayanan publik sudah ada yang menggunakan teknologi untuk melakukan segala urusan pelayanan publik. Akan tetapi di Insntasi kelurahan masih banyak pelayanan publik yang tidak menggunakan teknologi. Padahal jika instansi Kelurahan dapat menggunakan teknologi akan mempermudah segala urusan masyarkat.

Di sini penulis berfikir banyak masyarakat yang sudah mempunyai fasilitas teknologi pribadi atau kita sebut denga SmartPhone Android. Di Smartphone orang bisa melakukan apa saja seperti menjadi sarana informasi dan komunikasi, dan masih banyak lainnya. Keadaan ini bisa dimanfaatkan oleh pihak keluarahan untuk membuatkan suatu website atau aplikasi yang dapat di jangkau dengan internet dan dapat di unduh oleh masyarakat di kelurahan tersebut, Sehingga dapat mempermudah administrasi masyarakat. Bahkan masyarakat cukup dirumah atau dimanapun dapat mengurus administrasi dengan cepat bahkan tanpa datang ke kantor Kelurahan.

Penulis berfikir pembuatan aplikasi atau website merupakan salah satu solusi tepat dalam kondisi saat ini. Nah, jika dibuatkan aplikasi ataupun website mungkin penulis berfikir penamaan aplikasi tersebut adalah Smart Village. Dengan Smart Village masyarakat dapat melakukan banyak segala urusan administrasi. Dengan fitur – fitur yang banyak dan dapat mengerti serta dipahami oleh banyak masyarakat akan sangat membantu masyarakat.

Smart Village akan mempermudah pelayanan publik di keluarahan. Masyarakat tidak ribet – ribet untuk mengantri di kelurahan serta tidak usah menunggu berjam jam untuk melakukan administrasi masyarakat bisa melakukan di rumah dan dimana saja. Seperti contoh kita melakukan pembuatan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) kita cukup login di Smart Village dengan Nomor Induk yang kita punya, setelah itu kita masuk kemenu pelayanan publik dan ajukan pembuatan SKTM dan lanjut memasukan persayaratan untuk pembuatan SKTM

tersebut. Tidak sampai menunggu berjam–jam. SKTM tersebut akan muncul dan kita bisa download. Di dokumen tersebut gunakan ID atau kode tertentu agar tidak dipersalahgunakaan oleh orang lain.

Itu merupakan gambaran penulis tentang Smart Village. Selanjutnya jika Smart Village dibuat mungkin pihak kelurahan dapat melakukan sosialisasi di masyarakat dengan adanya kemudahan pelayanan publik yakni Smat Village.

Smart Village akan merubah pelayanan Publik yang lebih efektif dan cepat dengan seiring perkembangan zaman dan populasi masyarakat yang meninggkat. Mungkin itu semua solusi untuk merubah sistem birokrasi di Indonesia agar menjadi lebih baik. Dan semoga instansi atau lembaga yang mengurus pelayanan publik akan mempergunakan teknolgi agar masyarakat dapat lebih mudah dalam melaksanakan segala urusan administrasi.

KESIMPULAN

Jelas sistem pelayanan publik yang kurang maju dan kuno itu yang membuat pelayanan publik di Indonesia kurang baik.Teknologi sekarang merubah banyak hal dalam kehidupan kita dalam kata lain teknologi dapat mempermudah segala urusan dan kegiatan yang kita lakukan, sebagai contoh yang seharusnya lama bisa menjadi cepat, segala urusan dapat dilakukan dirumah dan lain lain.Teknologi yang menunjukan kemajuan ini seharusnya pemerintah baik pejabat yang berkaitan dalam hal birokrasi dan pelayanan publik seharusnya memanfaatkan teknologi yang ada, Dengan teknologi segala urusan birokrasi dapat efisien sehingga dapat mempermudah masyarakat dalam melakukan segala urusan administrasi.

Keadaan ini bisa dimanfaatkan oleh pihak keluarahan untuk membuatkan suatu website atau aplikasi yang dapat di jangkau dengan internet dan dapat di unduh oleh masyarakat di kelurahan tersebut, Sehingga dapat mempermudah administrasi masyarakat. Masyarakat tidak ribet – ribet untuk mengantri di kelurahan serta tidak usah menunggu berjam jam untuk melakukan administrasi masyarakat bisa melakukan di rumah dan dimana saja. Smart Village akan merubah pelayanan Publik yang lebih efektif dan cepat dengan seiring perkembangan zaman dan populasi masyarakat yang meninggkat.

Catatan: Gagasan ini pernah masuk nominasi 10 besar lomba LLDIKTI Wilayah 4 pada Agustus 2022.


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x