x

KKN Posko 2 Universitas Jambi Gelar Pelatihan dan Sosialisasi Keseteraan Gender

waktu baca 2 menit
Jumat, 2 Sep 2022 14:31 0 68 Redaksi Liputan 86

JAMBI, L86News.com – Selasa, 16 Agustus 2022 anggota KKN Tematik Posko 2 merealisasikan program kerja terkait pembaruan pengolahan pinang muda menjadi permen dan penerapan sistem aquaponik sebagai bentuk upaya dalam mewujudkan ketahanan pangan keluarga ke warga Desa Serdang Jaya. 

Dalam pelatihan dan demonstrasi ini disampaikan bahwa pembaruan pengolahan pinang itu dapat meningkatkan nilai tambah dan harga jual sehingga perekonomian dapat didongkrak. 

Dalam kesempatan yang sama demonstrasi aquaponik turut memberi pemahaman bahwa ember bekas dapat di manfaatkan untuk budidaya ikan dan tanaman.

Pelatihan dan demonstrasi ini dilaksanakan dalam kurun waktu satu hari di kantor Desa Serdang Jaya dibarengi giat lain seperti sosialisasi piring pelepah pinang dan  Kesetaraan Gender. 

Partisipan yang menghadiri kegiatan tersebut melibatkan berbagai kalangan warga mulai dari kelompok Tani, kelompok wanita Tani, Badan Perrmusyawaratan Desa (BPD), Ketua RT, Pemuda Karang Taruna dan Segenap Perangkat Desa. 

Terpantau semua  partisipan  dapat menyimak serangkaian kegiatan yang dipaparkan anggota KKN Tematik posko 2. 

Menurut warga, pendapatan di sektor perkebunan pinang akhir-akhir ini mengalami penurunan, dikarenakan harga jual pinang yang murah sehingga menghambat perekonomian warga serdang Jaya. 

Maka dari itu diperlukanya inovasi berupa pengolahan komoditi pinang mejadi produk turunan sehingga mampu meningkatkan  nilai tambah dan harga jual pinang.

Pelatihan dan demonstrasi yang dilaksanakan diharpkan mampu memberikan referensi dan inovasi bagi warga Serdang Jaya agar mampu memaksimalkan pemanfaatan pinang menjadi beberapa produk turunan seperti permen pinang muda dan piring pelepah. 

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan sistem aquaponik yang mengintegrasikan tanaman kangkung dan ikan lele secara bersamaan, dengan cara ini secara tidak langsung memberikaan dampak positif terhadap perekonomian warga desa serdang Jaya. 

Reporter : Hendro Silaban


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x