x

Teredem Banjir dan Terancam Gagal Panen, Petani Lamtim Berharap Ada Solusi Dari Pemerintah

waktu baca 2 menit
Jumat, 26 Agu 2022 12:00 0 59 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Ratusan hektar tanaman padi sawah milik warga di Kecamatan Sekampung Udik, Kabupaten Lampung Timur terendam banjir. Kondisi ini membuat para petani merugi, lantaran gagal panen.

Pantauan di lokasi, ratusan hektar sawah yang terendam air ini meliputi area persawahan di tiga desa yakni di Bojong, Toba dan Desa Gunung Agung, Kecamatan Sekampung Udik. Banjir di duga akibat luapan air sungai Way Sekampung.

“Tanaman padi sudah berbunga dan mulai buah, tapi mati dan busuk tenggelam.
Padahal curah hujan gak begitu besar, tapi banjirnya kayak musim penghujan,” ujar Usman (40) salah satu petani Koban banjir, Kamis (25/8/2022).

Ia menduga banjir disebabkan adanya pendangkalan dan penyempitan sungai Way Sekampung, sehingga air tidak mengalir lancar. Atau ada kemungkinan lain yang menurutnya belum ia ketahui.

“Imbas dari banjir ini, kami mengalami kerugian, puluhan juta per hektarnya. Selain itu banjir juga akan berimbas mundur nya masa panen, karena petani harus menanam kembali,” keluh Usman.

Menurut nya, genangan air sudah terjadi sejak 4 hari yang lalu dan terus meningkat hingga menenggelamkan padi. “Kami berharap Pemerintah bisa memperhatikan dan peduli dengan nasib para petani korban banjir ini,” harapnya.

Hal sama juga di sampaikan oleh Mat Sempurno (50) salah satu petani di wilayah tersebut. Menurutnya, banjir di nilai janggal. “Saya tidak tahu harus bagaimana lagi, sedangkan untuk biaya tanam saja masih ngutang, entah gimana membayar kalau gagal panen,” ujarnya.

Menurutnya, banjir kali ini sangat luar biasa. Luapan air sungai Way Sekampung itu sangat besar hingga menenggelamkan persawahan di wilayahnya. “Padi yang rata rata sudah mulai buah itu tenggelam dan busuk. “Kami berharap ada solusi dari pemerintah,” Pungkas Mat Sempurno.

Jika benar Maslah tersebut akibat luapan air hujan warga berharap pemerintah bisa melakukan normalisasi Sungai Way Sekampung. Namun jika bajir itu karena ulah manusia harus bertanggung jawab di usut hingga tuntas.

Reporter : Diky


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x