Minggu, 23 Jun 2024
x

Sinergi Bersama KSPL, Kades Pakuan Aji Bangun Rumah Warga Korban Kebakaran 

waktu baca 2 menit
Sabtu, 26 Mar 2022 08:39 0 65 Redaksi Liputan86

LAMPUNG TIMUR, L86NEWS.COM – Kata orang, setiap musibah yang terjadi pasti ada hikmah di baliknya. Demikian pula yang terjadi terhadap Rasikin warga Dusun 3, Desa Pakuan Aji, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Lampung Timur.

Pasalnya, Rasikin yang tengah di rundung kesusahan akibat rumahnya ludes terbakar kini mulai tumbuh harapan baru. Sejumlah bantuan dari orang orang baik mulai berdatangan dan terus mengalir ke pada keluarga Rasikin.

Kepada Liputan86, Kepala Desa (Kades) Pakuan Aji, Tan Malaka membenarkan adanya musibah itu. “Iya benar beberapa hari yang lalu, telah terjadi musibah kebakaran rumah milik Rasikin warga Dusun 3. Rumahnya tidak jauh dari rumah saya,” ujarnya

Selaku Kades, ia mengaku sudah berupaya membantu korban secara maksimal. “Saya langsung mengumpul kan semua perangkat desa dan patungan membantu korban. Dari kami terkumpul dana sekitar 5 juta rupiah,” ungkap Tan Malaka di rumahnya, Jumat (25/03).

Sedangkan dari warga sekitar, lanjut Kades, terkumpul Rp 9 juta. “Bermodal uang tersebut, saya kemudian berinisiatif mengajukan bedah rumah ke KSPL dengan harapan bisa membangun kembali rumah korban yang habis terbakar,” terangnya.

Bak gayung bersambut, pengajuan sang Kades pun mendapat respon positif dari Relawan Komunitas Sosial Peduli Lampung (KSPL). Kini rumah Rasikin tengah dalam pengerjaan setelah sebelum nya di lakukan berbagai proses penggalangan dana.

“Sebelumnya ada kabar dari pak Kades dan laporan dari sesepuh KSPL. Kemudian kami survei ke lokasi, kami musawarah kan dengan Kades, Bayan, RT dan warga sekitar. Kemudian kami bantu menggalang dana melalui media sosial,” terang Abeng pengurus KSPL.

Di sela gotong royong membangun kembali rumah korban, Abeng menjelaskan bahwa KSPL yang di dirikan sejak tahun 2017 itu bergerakĀ  di bidang sosial. “Jadi, selainĀ  pemicu semangat peduli dan gotong royong, KSPL adalah penyambung antara penerima dan pemberi,” pungkasnya.

Mewakili korban, Suhudi menjelaskan bahwa Rasikin adiknya itu hanyalah seorang buruh kuli bangunan. Ia bersyukur berkat upaya pak Kades, KSPL, para donatur dan seluruh warga yang terlibat, pembangunan rumah adiknya terlaksana.

“Alhamdulillah berkat bantuan pak Tan Malaka dan semua yang terlibat, rumah adik saya sudah hampir jadi. Terima kasih untuk semuanya, semoga yang telah membantu di tambah rezekinya,” doa Suhudi

Reporter : Rajax


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca