x

7 Rumah Di Desa Ruguk Bakal Dapat Program Bedah Rumah

waktu baca 3 menit
Sabtu, 20 Nov 2021 20:07 0 149 Redaksi Liputan 86

LAMPUNG SELATAN, L86NEWS.COM – Tim Verifikasi Lapangan dari Dinas Perumahan Dan Pemukiman (Perkim) Lampung Selatan mensurvei 7 rumah warga Desa Ruguk Kecamatan Ketapang yang akan merima program bedah rumah di tahun 2021.

Bersama Kepala Desa, Kaur Kesra, Kadus, dan Srikandi Kecamatan Ketapang, tim survei berkeliling meninjau di 7 titik lokasi calon sasaran penerima progam tersebut guna memastikan kelayakan.

Selaku Kepala Desa Ruguk, Saipul SE mengatakan sebanyak 7 unit rumah warga desa setempat akan menerima program bedah rumah.

“Alhmdulillah, hari ini dari tim verifikasi bedah rumah Dinas Perkim mulai mensurvei. Salah satunya rumah di dusun tasik desa ruguk atas nama ibu ipah, memang sangat-sangat layak sekali,” kata saipul, sabtu (20/11/2021).

Saipul menyampaikan ucapan Terima kasih pada dinas Perkim Lamsel yang akan membedah rumah masyarakat desa ruguk. “Alhamdulillah, kita dapat 7 rumah yang akan di bedah,” ungkapnya.

Dikatakan Saipul, dari 7 rumah yang di survei, ada satu rumah berkendala yakni pemiliknya hidup sebatang kara( tak punya keluarga/saudara), untuk itu aparat desa bersama warga setempat akan bergotong royong membantu saat pelaksaan bedah rumah tersebut.

“Itu dia sebatang kara, untuk satu rumah ini, bantuanya nanti kita gotong royong untuk mensupport mewujudkan apa yang di berikan pada nyi ipah ini. dan support mengusulkan bedah rumahnya kita memang sangat ekstra dari pihak desa ini kita turun langsung,”ucapnya

Sebelumnya, Pemerintah desa ruguk telah mengajukan bedah rumah sebanyak 50 unit. “Kalau ajuan kita 50 unit ajuan, untuk 2021 alhamdullah 7 unit yang kita dapat. Ya kita menyadari masyarakat desa banyak sekali, dengan 7 unit ini kita sangat berterima kasih sekali,”jelasnya.

Saipul berharapan pengajuan bedah rumah yang telah di ajukan, kedepan bisa terealisasi sepenuhnya, minimal 50 persen dari jumlah pengajuan.

“7 rumah itu terdiri dari 1 di dusun Cilacap, kedua di Dusun Pepandu, Dusun Sumber jaya. ke Empat di dusun Mekar jaya 2 unit memang layak sekali. Kemudian di dusun Tasik dan dusun Sri Basuki 1 unit,” urainya

Sementara, Roihan Efendi selaku Tim Verifikasi Lapangan pada pewarta media ini mengatakan telah memverifikasi 7 unit rah tidak layak huni yang tersebar di desa ruguk

“Alhmdulillah, kondisi nya sekarang ini memang layak di bantu, kita verifikasi juga. Mudah-mudahan tahap selanjutnya lancar sehingga terealisasi pembangunan kita untuk masyarakat,”ujarnya.

Selanjutnya, Tim Verifikasi Lapangan akan melaporkan ke bidang perumahan dinas perkim Lamsel. Kemudian akan akan diterbitkan SK atas nama masing-masing penerima. “Semua yang di survei ini memang benar-benar layak di bantu,” sebutnya.

Lebih lanjut, Roihan menjelaskan tehnis bedah rumah yakni minimal bangunan ukuran pondasi 6×6, struktur nya itu mulai dari pondasi bangunan, selup bawah, selup atas, dinding full harus batu bata, atap wajib genteng atau pun baja ringan. untuk mencapai 100 persen itu harus di ampar kasar, pemasangan pintu depan belakang.

“Untuk pengerjaannya nanti, target kita kurang lebih 28 hari. Kalau gak ada halangan paling gak sekitar 28 hari itu lah bang. Tidak menutup kemungkinan sekarang sudah musin hujan,” jelasnya memungkasi.

Reporter : Anesmi


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x