x

Pilot Susi Air Philip Mark Martein Bebas Dari Sandera OPM

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Sep 2024 18:21 0 19 Redaksi

JAKARTA, L86News.com — Kapuspen TNI mengkonfirmasi bahwa Pilot Susi Air, Philip Mark Martein dari New Zealand yang selama ini disandera kelompok bersenjata Organisasi Papua Merdeka (OPM) telah berhasil dibebaskan.

Pembebasan ini merupakan hasil dari upaya negosiasi yang intensif antara Apkam TNI, Polri dan pihak-pihak terkait lainnya, Sabtu 21 September 2024.

Kapuspen TNI, Mayjen TNI Hariyanto dalam keterangannya menyampaikan rasa syukur atas dibebaskannya sandera pilot Susi Air dengan selamat.

“Ini adalah buah koordinasi yang baik antara TNI, Polri, dan dukungan masyarakat serta pihak-pihak yang turut terlibat dalam keberhasilan ini,” ucap Kapuspen.

Lebih lanjut, Kapuspen menjelaskan bahwa keselamatan sandera menjadi prioritas utama TNI. Ia pun mengapresiasi dukungan dari pihak keluarga selama proses penyelamatan.

“TNI sejak awal berkomitmen untuk melaku kan segala upaya guna memastikan keselamatan sandera. Kami mengapresiasi kesabaran dan dukungan dari keluarga korban selama proses ini berlangsung,” jelasnya.

Selain itu, Kapuspen TNI juga menegaskan TNI akan terus berkomitmen menjaga keamanan di wilayah Papua dan memasti kan tindakan-tindakan yang mengancam keamanan dan stabilitas nasional akan di tangani dengan tegas.

Pilot Susi Air kini berada dalam kondisi stabil dan saat ini tengah menjalani beberapa tretment pemeriksaan medis psikologi dan pengambilan keterangan aeal kemudian persiapan untuk di terbangkan ke Jakarta, menggunakan Pesawat Boeing TNI AU.

Pilot Susi Air Philip Mark Martein di sandera selama 1 tahun 7 bulan. Ia disandera sejak tanggal 7 Februari 2023 oleh OPM Kodap 3 Dugama pimpinan Egianus Kogoya.

“Kami berharap kejadian ini tidak terulang kembali, dan semua pihak dapat bekerja sama untuk menciptakan situasi damai di Papua,” pungkas Kapuspen TNI.

Reporter : Mon/Puspen

LAINNYA
x
x