Bawaslu Ajak Media Berperan Aktif Wujudkan Pemilu 2024 Berkualitas

waktu baca 2 menit
Minggu, 22 Okt 2023 09:07 0 55 Redaksi

LAMPUNG TIMUR, L86News.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Lampung Timur memanggil Awak Media dan Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) untuk menyampaikan sejumlah hal penting. Acara digelar di Pantai Mutiara Baru, Desa Karya Makmur, Labuhan Maringgai. Sabtu (21/10/2023).

Kegiatan tersebut di kemas dalam sebuah acara bertajuk Rapat Koordinasi (Rakor) Publikasi dan Dokumentasi Pengawasan Tahapan Pencalonan Presiden dan Wakil Presiden serta Anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Lailatul Khoiriyah Ketua Bawaslu Lamtim mengatakan, Bawaslu akan mengawasi proses Pemilu dengan serius. Untuk saat ini, sudah sampai tahapan mengawasi dokumen para bakal calon legislatif (Bacaleg) agar sesuai dengan aslinya dan memiliki kredibilitas yang baik.

“Pengawasan ini dilakukan agar para peserta pemilu benar-benar mentaati peraturan dan menghindari kerawanan konflik dalam proses pendaftaran berlangsung,” kata Lailatul Khoiriyah.

Pihaknya juga mengaku akan mengundang partai politik setelah Daftar Calon Tetap (DCT) ditetapkan pada November mendatang. Hal itu dilakukan untuk mensosialisasikan soal kampanye agar tidak melanggar aturan.

“Kita akan lebih aktif bersama-sama masyarakat untuk terlibat dan berperan aktif mengawasi Pemilu 2024,” ucapnya.

Selaku narasumber, Mieke Yustisia Ayu Ratnasari Akademisi dari Universitas Tulang Bawang menyampaikan, media memiliki peran untuk menyampaikan informasi terbaru, terutama soal Pemilu.

Selain itu, media juga memiliki tugas untuk mengontrol dan mengawasi proses Pemilu sekaligus menangkal berita hoaks dan mengedukasi karna media online saat ini sudah sangat masif.

“Saya berharap, Pemilu bisa berkualitas. Hal itu tentunya implikasi dari proses yang berkualitas dan kepercayaan publik yang semakin meningkat,” harap Mieke.

Reporter : Aw86

LAINNYA