Minggu, 14 Jul 2024
x

Pembangunan Jalan Usaha Tani di Desa Ruis Tuai Respon Positif Warga

waktu baca 3 menit
Selasa, 25 Jun 2024 16:56 0 1060 Redaksi Liputan86

MANGGARAI, L86News.com – Program pembangunan jalan usaha tani di Dusun Copu, Desa Ruis, Kecamatan Reok, Kabupaten Manggarai, NTT, tuai respon positif dari warga.

Hal tersebut terlihat saat warga Desa Ruis turut hadir mengikuti seremonial acara peresmian pembangunan jalan usaha tani di Dusun Copu pada, Selasa, (25/06/2024).

Berdasar pantauan Liputan86 di lokasi, kegiatan peresmian pembagunan usaha jalan tani tersebut, berlangsung pukul 10.30 Wita yang di pimpin langsung oleh Camat Reok, Theobaldus Junaidin SH.

Dalam sambutanya, Camat Reok, Theobaldus Junaidin menyampaikan apresiasi kepada pihak Pemerintah Desa Ruis yang memusatkan salah satu perhatiannya pada progres pembagunan usaha jalan tani di desa Ruis dengan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) tahun 2024.

Menurutnya, Anggaran Dana Desa (ADD) bisa di gunakan secara bertanggung jawab dan transparan serta bisa menyerap pada kebutuhan pembagunan yang mendukung kehidupan aktifitas masyarakat di Desa Ruis.

“Saya hadir pada kesempatan ini untuk ikut menonitoring Pembangunan Jalan Usaha Tani sepanjang 1.750 meter di Dusun Copu Desa Ruis Kecamatan Reok,” kata Camat

“Pembangunannya dikerjakan secara manual (tenaga manusia) dengan konsep pemberdayaan dan melibatkan 100 orang (5 Kelompok Kerja) warga Dusun Copu Desa Ruis dan pembangunannya didanai melalui Dana Desa T.A. 2024,” imbuhnya

Lebih lanjut, Camat menjelaskan bahwa, Potensi hasil Pertanian/Perkebunan yang ada di sekitar lokasi Jalan Usaha Tani dimaksud adalah hamparan Perkebunan Kemiri milik warga sebagai tumpuan di sektor pertanian yang menjanjikan. “Asalkan mau bekerja,” pungkasnya.

Sementara, Kepala Desa Ruis, Wensislaus Alhabsi Sunardi, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Camat Reok yang turut dalam kegiatan peresmian Jalan usaha tani di Desa Ruis.

Wensislaus mengatakan, progres pembagunan Jalan usaha tani ini merupa kan akses utama di Dusun Copu Desa Ruis.

“Saat meninjau langsung titik awal sampai akhir jalan tani spanjang 1700 Km dengan volume 2.314 m³ ini sangat strtegis dan memudahkan kegiatan masyarakat, kerena bisa dilewati kendaran untuk mengangkut hasil perkebunan seperti kemiri, dan lain lain, apalagi pola kerja jalan tani melalu PKTD,” ungkapnya

“Inilah kegunaan dana desa untuk pembangun jalan tani yang dapat memudahkan akses bagi kita semua. Jalan tani ini kedepannya akan ada peningkatan status ke telvor, syukur kalau langsung pengecoran stapak karena akan menjadi perhatian dari pemerintah,” imbuh Wenslaus

Terpisah, salah satu warga Dusun Copu Desa Ruis, Stefanus Janggur pun turut mengapresiasi niat baik Pemerintah Desa Ruis.

“Mewakili warga Dusun Copu Desa Ruis, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak memerintah desa yang memusatkan perhatiannya pada program pembagunanan akses jalan tani di desa ruis dusun copu,” ujarnya

“Saya berharap pemerintah Desa Ruis senantiasa tetap mendukung langkah baik progresif pembagunan yang ada di Desa Ruis demi kemajuan warga desa,” pungkas Stefanus

Turut hadir pada peresmian Jalan usaha Tani tersebut, Babinsa Koramil Reo, Pratu Emon Guha, Pratu Risno Sempo, Staf perangkat Desa Ruis dan Tokoh masyarakat kampung Copu.

Reporter : Marselinus Gonsa


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Subscribe to get the latest posts sent to your email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca