x

Sri Suwanto Jadi Simbol Pemersatu Masyarakat Jawa di Pilkada Kalteng 2024

waktu baca 3 menit
Sabtu, 22 Jun 2024 15:45 0 107 Tim Redaksi 1

PALANGKA RAYA, L86News.com – Tak bisa dipungkiri, dalam dunia politik, figur sentral dalam suatu kelompok suku atau masyarakat masih sangat diperlukan. Pengaruh yang dimiliki oleh figur tersebut diyakini mampu memberikan dampak elektoral yang bukan hanya berpengaruh terhadap tingkat popularitas dan elektabilitas yang dimiliki, namun juga berkontribusi meningkatkan persentase kemenangan dan jumlah perolehan suara terhadap calon yang akan diusung.

Di Indonesia, ada suku Jawa yang dinilai memainkan peranan penting dalam kontestasi politik nasional maupun regional tersebut. Jawa sendiri adalah suku bangsa terbesar dan memiliki kespesialan di antara suku bangsa lain. Hal ini disebabkan lebih dari 40 persen suku di Indonesia adalah Jawa, dan lebih dari 55 persen penduduk Indonesia berada di pulau Jawa.

Bahkan ada istilah populer yang masih dianggap relevan sampai sekarang, yaitu pernyataan D.N Aidit dalam film bergenre dokumenter drama (dokudrama) yang berjudul ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ yang disutradarai oleh Arifin C. Noer.

“Kunci kemenangan adalah Jawa. Siapa bisa menguasai Jawa, itulah yang menang. Jadi, Jawa adalah kunci,” ungkap aktor yang memerankan sosok D.N Aidit dalam film tersebut.

Sementara di Kalimantan Tengah, suku Jawa adalah suku terbesar kedua dengan persentase mencapai 21,68 persen dari total 2.207.367 juta jiwa penduduk yang mendiami wilayah tersebut. Adapun sebaran penduduk suku Jawa terbanyak terdapat di Kabupaten Kotawaringin Barat, Seruyan, dan Pulang Pisau menurut data dari BPS tahun 2010.

Sehingga dilihat dari aspek manapun, dukungan dari figur atau tokoh masyarakat yang berasal dari suku Jawa sangat di perlukan. Baik saat pemilu serentak tanggal 17 Februari 2024 kemarin, ataupun pada pilkada serentak tanggal 27 November 2024 mendatang, terutama untuk kontestasi politik di Kalimantan Tengah.

Seperti sosok Ir. Sri Suwanto, M.S., salah satu tokoh Jawa yang dianggap mampu menjadi representasi masyarakat Jawa yang ada di Kalimantan Tengah. Ia dinilai oleh sebagian kalangan sebagai pribadi yang ramah dan santun. Menjadikan mantan Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah tahun 2017-2022 itu kini dipercaya sebagai Ketua Paguyuban Kulowargo Wong Jowo (Pakuwojo) Provinsi Kalimantan Tengah.

“Kami masyarakat Jawa berharap Pak Sri Suwanto maju dalam pemilihan kepala daerah tahun ini. Mengingat rekam jejak yang sangat baik dan nama beliau juga sering menjadi pembicaraan. Banyaknya dukungan dari masyarakat Jawa agar beliau maju, diyakini mampu menjadi pemersatu masyarakat Jawa di Pilkada Kalteng 2024,” tegas Ali, salah satu masyarakat Jawa dari Kabupaten Kapuas.

Ali melanjutkan, selain nama Sri Suwanto, dua tokoh Jawa lainnya yang dinilai layak untuk memimpin ‘Bumi Tambun Bungai’ adalah sosok Edy Pratowo, Wakil Gubernur Kalimantan Tengah saat ini, dan Tugiyo Wiraatmojo, mantan Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kalimantan Tengah. Mereka bertiga diyakini mampu merangkul dan memperjuangan aspirasi dari seluruh lapisan masyarakat di daerah.

Reporter: Aris Kurnia Hikmawan


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca