x

Salurkan Bantuan Alsintan, Pj Bupati Cilacap Minta Petani Kelola Dengan Baik

waktu baca 2 menit
Kamis, 20 Jun 2024 08:28 0 109 Tim Redaksi 1

CILACAP, L86News.com – Pj Bupati Cilacap Awaluddin Muuri kembali menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada sejumlah kelompok tani yang ada di wilayah Kabupaten Cilacap guna mendukung kedaulatan pangan di wilayah, Rabu (19/6/2024).

Adapun sejumlah Alsintan yang disalurkan meliputi traktor roda empat sebanyak 5 unit, traktor roda dua 50 unit dan pompa air sebanyak 22 unit.

Dalam kesempatan itu, Awaluddin meminta kelompok tani agar dapat mengelola dengan baik bantuan yang telah diberikan tersebut.

“Harapan saya dikelola dengan baik, dan kompak memanfaatkan bantuan ini. Jangan sampai terjadi perpecahan karena saling rebutan. Intinya diatur yang baik sehingga nantinya akan bermanfaat bagi satu kelompok,” ujarnya saat ditemui usai melakukan penyerahan di halaman Dinas Pertanian.

“Kalau sukses, bagus, pemerintah pasti akan memberikan bantuan lagi. Mudah-mudahan nantinya bisa meningkatkan produktivitas petani, khususnya di daerah-daerah yang rawa dan tadah hujan,” imbuhnya.

Awaluddin menyebut, ada 13.038 hektare sawah rawa maupun tadah hujan, dan tersebar di sejumlah wilayah di Kabupaten Cilacap.

“Sehingga dengan adanya bantuan Alsintan ini, harapannya bisa meningkatkan misalnya yang nggak pernah panen menjadi panen. Dan yang panennya satu kali bisa menjadi dua kali dalam setahun. Syukur-syukur yang tadinya dua kali bisa meningkat,” katanya.

Selain itu, Awaluddin juga meminta dinas terkait untuk melakukan kontroling untuk mengantisipasi terjadinya bantuan Alsintan hilang, dipindah tangankan dan lain sebagainya. “Kita sudah sampaikan tadi ke Kepala Dinas kontroling dan membuat laporan secara berkala,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Cilacap Susilan menyampaikan, bantuan ini diberikan dalam rangka penanganan darurat pangan dan peningkatan produksi padi dengan Penambahan Areal Tanam (PAT) maupun peningkatan Indek Pertanaman (IP).

“Semua dalam rangka menghadapi hari-hari yang kurang baik. Terutama dalam menghadapi bagaimana menyiapkan pangan yang nanti ke depan harus benar-benar tersedia tercukupi,” ujarnya.

Susilan menambahkan, melalui upaya yang dilakukan tersebut, Kabupaten Cilacap dimana merupakan daerah penyangga dan lumbung pangan provinsi maupun nasional dapat terus dipertahankan. “Alhamdulillah untuk Cilacap sendiri surplus beras, namun karena Cilacap jadi lumbung pangan bukan hanya mensuplai untuk ke provinsi, namun juga nasional,” ucapnya.

“Kalau misalnya produksi menurun itu bisa mengkhawatirkan, dan tidak bisa menyuplai daerah lain. Untuk itu, kita tingkatkan produksinya,” pungkas Susilan.

Reporter : Shol


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca