x

Peringati Hari Lahir Pancasila, Polresta Cilacap Gelar Upacara Bendera

waktu baca 2 menit
Sabtu, 1 Jun 2024 08:46 0 148 Tim Redaksi 1

CILACAP, L86News.com – Kepolisian Resor Kota Cilacap menggelar upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilaksanakan di Halaman Mapolresta Cilacap, Sabtu pagi (01/6/2024).

Upacara dipimpin langsung oleh Wakapolresta Cilacap AKBP Dr Arief Fajar Satria, S.H., S.I.K., M.H dan diikuti PJU, Perwira Staf dan Personil Polresta Cilacap.

Pada kegiatan tersebut, dilakukan pembacaan teks Pancasila oleh pembina Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan UUD Tahun 1945 oleh Ipda Fendy Setiadi, SH., MM.

Wakapolresta Cilacap dalam amanatnya membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI terkait peringatan hari lahir pancasila tahun 2024 dengan tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045.”

“Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat” ujarnya.

Keberadaan pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa untuk bangsa indonesia, didalam pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupa kan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “Bhinneka Tunggal Ika”.

Dalam momentum bersejarah ini, mengajak komponen bangsa dimana pun berada untuk bahu membahu membumi kan nilai nilai pancasila kedalam aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Pancasila terbukti mampu mempersatu kan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar.

“Kami mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama sama bergotong royong merawat anugrah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni. “Semoga peringatan hari lahir pancasila ini dapat memompa semangat kita semua untuk terus mengamalkan Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa dikancah dunia” tuturnya.

Reporter : Shol


Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

LAINNYA
x
x

Eksplorasi konten lain dari L86News.com

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca